Loading...

Pemkot Ternate Tetap Alokasikan Dana PPK Pada APBD 2019

TERRNATE, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara tetap mengalokasikan Dana Partisipasi Pembangunan Kelurahan (DPPK) pada APBD 2019, walaupun pemerintah pusat tahun depan mengalokasikan Dana Kelurahan.

“DPPK tetap dialokasikan pada 2019 untuk mengakomodir kegiatan pembangunan di kelurahan yang tidak terjangkau dengan Dana Kelurahan,” kata Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman di Ternate, Rabu.

Pemkot Ternate selama ini mengalokasikan DPPK untuk setiap kelurahan sebesar Rp100 juta, sementara khusus untuk Dana Kelurahan yang dialokasikan pemerintah pusat pada 2019 untuk 77 kelurahan di Kota Ternate sebesar Rp27,1 miliar atau rata-rata Rp350 juta lebih per kelurahan.

Dia mengharapkan dengan DPPK dan Dana Kelurahan, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di seluruh kelurahan di Kota Ternate dapat dioptimalkan yang pada gilirannya semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemkot Ternate selama ini mengalami kesulitan mengoptimalkan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan, terutama untuk kelurahan di pulau terluar, yakni Pulau Moti, Pulau Hiri, dan Pulau Batang Dua karena APBD Ternate selalu defisit, seperti pada 2018 sebesar Rp40 miliar lebih.

Sebelumya, Ketua DPRD Ternate Marlisa Marsaoly mengatakan DPRD mendukung DPPK tetap dialokasikan pada APBD 2019 karena pembangunan di kelurahan tidak cukup kalau hanya mengandalkan Dana Kelurahan.

Pemkot Ternate diminta untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap pemanfaatan DPPK dan Dana Kelurahan di setiap kelurahan, untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan yang selain merugikan negara juga menghambat pembangunan kelurahan.

“Salah satu yang harus menjadi perhatian serius dari pemkot adalah kemungkinan terjadinya tumpang tindih pembiayaan suatu kegiatan pembangunan di kelurahan, misalnya pembangunan jalan yang sudah didanai dengan Dana Kelurahan, tetapi didanai pula dengan dana dari DPPK,” katanya.

Walaupun kelurahan mendapat alokasi DPPK dan Dana Kelurahan, organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkot Ternate tetap pula mengalokasikan anggaran untuk berbagai kegiatan pembangunan di kelurahan sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Berita Lainnya
Pengamat: Masyarakat Menanti Kejutan Debat Capres tanpa Kisi-Kisi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada Minggu malam...
Wali Kota Ternate Agendakan Triathlon Jadi Event Tahunan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Walikota Ternate Burhan Abdurahman mengagendakan event perlombaan Triathlo...
PWI Malut gelar Pertandingan Sepak Bola Antarinstansi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku Utara (Malut) memeriahkan pering...
Muhammad Kasuba: Pilih PKS, Pilih DPR RI Nomor Urut 01, Pilih Prabowo Sandi LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Dalam kegiatan yang bertajuk PKS Basigaro, bakupange dari hati ke hati. Cal...
Terjadi Keterlambatan Gaji PNS, Gubernur: Harus Bersabar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Utara (Malut), KH Abdul Ghani Kasuba meminta Pegawai Neger...
Kanal: Maluku Utara