Loading...

Pemprov Malut Gelar Pasar Murah Jelang Natal dan Tahun Baru

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Pangan menggelar pasar murah menjelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yakni Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Kami akan melakukan antisipasi, bak stok maupun harga barang menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dengan program pasar murah.” kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Malut, Saiful Turuy, di Ternate, Selasa.

Kemudian menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pangan untuk mengoordinasikan seluruh stekholder di Provinsi Malut melibatkan pemerintah pusat dalam hal ini Badan Ketahanan pangan untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pola distribusi pangan maupun pemasokannya guna mengantisipasi kenaikan harga-harga pangan.

Rakor dilaksanakan pada Desember 2018 dan sudah siap mengawal pemasokan pangan lewat proses produksi

Bahkan, lokasi Rakor pangan masih akan ditempat yang sama yakni di Bank Indonesia sebagai Koordinator Pengendalian Inflasi daerah di Malut.

“Jadi kita mlaksanakan rapatnya di sana nanti. Waktunya dijadwalkan pada 20 Desember 2018 yang bersamaan dengan pasar murah di Sofifi, ibu kota Provinsi Malut dan Ternate.

Kegiatan di Kabupaten/Kota lain diserahkan ke Bupati maupun Wali Kota untuk melaksanakannya.

Saiful mengatakan, sampai dengan hari ini harga pangan masih normal seperti beras dengan kisaran Rp14.000 per Kg, meskipun dalam Permendag Provinsi Malut berada pada posisi harga Rp13.600 per Kg.

“Cuma masalah distribusi ke Kabupaten menggunakan transportasi laut yang biayanya cukup tinggi akhirnya terjadi kenaikan Rp14.000 per Kg,” katanya.

Dia menambahkan, untuk harga pangan lainnya seperti gula pasir dan minyak goreng juga masih normal, sedangkan untuk harga ikan, tergantung pada persoalan musim.

“Nah biasanya pada Desember selalu terjadi kelangkaan ikan di pasar sehingga berdampak pada kenaikan harga karena saat itu cuaca laut tidak bersahabat sehingga nelayan sulit untuk mencari ikan,” ujarnya.

Berita Lainnya
KPU Maluku Utara jadwalkan pemasangan iklan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadwalkan pem...
Masyarakat Obi sulit dapat BBM harga standar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Masyarakat Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) ke...
Dinas Sosial dan Polda awasi Bansos di Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Sosial menggadeng Polda Maluku Utara (Malut) untuk mengawasi penyalu...
Optimalisasi dan pemanfaatan CSR terhadap Daerah Maluku Utara TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Forum Mahasiswa Lingkar Tambang (Formalintang) bersama dengan Pemerintah P...
Diskominfo Maluku Utara Sediakan Internet Murah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemprov Maluku Utara (Malut) b...
Kanal: Maluku Utara