Loading...

Pengerjaan Pelabuhan Rempah di Ternate Tertunda

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Pengerjaan pelabuhan rempah di Ternate, Maluku Utara (Malut) tertunda, padahal pelabuhan yang anggarannya dialokasikan melalui APBD Kota Ternate 2018 sebesar Rp1 miliar lebih itu dijadwalkan rampung pada Desember 2018.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Tamrin Alwi di Ternate, Rabu, mengatakan tertundanya pengerjaan pelabuhan rempah itu karena belum adanya rekomendasi dari Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate.

Lokasi pembangunan pelabuhan rempah di kawasan Kota Baru berada di bawah kewenangan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, sehingga pembangunan pelabuhan rempah di lokasi itu harus ada rekomendasi dari Ditjen Perhubungan Laut melalui KSOP Ternate.

Alasan lainnya tertundanya pengerjaan pelabuhan rempah tersebut, menurut dia, adalah adanya penggeseran titik lokasi pembangunan pelabuhan sekitar 100 meter ke arah Selatan dari titik semula, untuk memudahkan manuver kapal saat bersandar.

Walaupun pengerjaan pelabuhan rempah yang merupakan pertama di Provinsi Malut itu, tertunda anggarannya tidak akan dialihkan ke kegiatan lain, karena sudah menjadi program prioritas Pemkot Ternate.

Ia mengatakan pelabuhan rempah tersebut diproyeksikan menjadi pusat perdagangan rempah di Malut, khususnya untuk cengkih, pala dan kopra, yang selama ini pengapalannya dari dan ke Kota Ternate harus melalui pelabuhan umum.

Kawasan pelabuhan rempah tersebut nantinya akan dilengkapi pula dengan fasilitas pergudangan, sehingga para pedagang atau pengusaha rempah tidak kesulitan lagi menampung rempah yang diturunkan dari kapal.

“Kalau pelabuhan rempah tersebut sudah beroperasi akan menjadi sumber pendapatan daerah yang potensial bagi Ternate, baik dari aktivitas bongkar muat rempah di pelabuhan maupun dari aktivitas perdagangan dan sewa gudang,” katanya.

Berita Lainnya
Pemkab Halmehera Utara Perjuangkan Kenaikan Harga Kopra TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara, Maluku Utara, berjanji akan...
Halmahera Tengah Diupayakan jadi Tujuan Wisata Primadona TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kabupaten Halmahera Tengah diupayakan untuk menjadi salah satu daerah tuju...
Petani Boikot Jalan Trans Tobelo-Galela TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Para petani yang tergabung dalam Pergerakan Petani Kopra (PPK) Tarakani di...
ASN adukan Bupati Morotai ke DPRD MOROTAI, TAJUKTIMUR.COM - Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Uta...
Dana Desa di Halmahera Utara naik Rp9 Miliar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Utara (H...
Kanal: Maluku Utara