Loading...

Perludem: Dukungan Parpol ke Calon tidak Bisa Dicabut Seenaknya

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini menanggapi kasus dukungan ganda partai politik di beberapa Pilkada, salah satunya Pilgub Maluku Utara. Menurut Titi, pendaftaran dukungan partai politik kepada salah satu calon tidak bisa dicabut setelah dilakukan pendaftaran resmi ke KPU.

Titi menjelaskan dalam UU Pilkada ada aturan yang menegaskan jika parpol dilarang mencabut dukungan kepada salah satu paslon jika sudah didaftarkan secara resmi di KPU. Ia menjelaskan jika yang terjadi adalah dukungan ganda dari beda kepengurusan parpol, maka dikembalikan ke susunan kepengurusan berdasarkan SK Menkumham yang terakhir.

“Pendaftaran ke KPU tidak bisa dicabut. Ada larangan untuk mengundurkan diri atau membatalkan pencalonan dar mulai pendaftaran sampai penetapan,” papar Titi kepada Tajuktimur.com, Selasa (20/2).

Titi mencontohkan dalam kasus beberapa calon kepala daerah yang terjerat OTT KPK maka partai tidak bisa mencabut dukungan terhadap calon tersebut.

Titi mengutarakan aturan pelarangan pencabutan dukungan ini dimaksudkan agar parpol tidak main-main dalam memberikan dukungan kepada salah satu calon kemudian beralih tiba-tiba kepada calon lain usai didaftarkan. “Pesannya parpol harus hati-hati mendukung calaon, jangan main-main sehingga konteksnya komitmen,” ujar dia.

Larangan mengalihkan dukungan usai pendaftaran calon juga dimaksudkan agar tidak terjadi praktik politik transaksional. “Jangan sampai terjadi koalisi oportunis sehingga main cabut di injury time atau setelah didaftarkan,” urai Titi.

Sebelumnya DPP PKPI Maluku Utara turut melakukan dua kali pendaftaran pasangan calon gubernur. Pada tanggal 8, PKPI ikut mendaftarkan dan mendukung pasangan Burhan Abdurahman- Ishak Djamaludin (BUR-Jadi).

Kemudian pada tanggal 10, DPP PKPI Maluku Utara ikut mendaftarkan dan mendukung calon pasangan lain yakni Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali (AGK-YA) berkoalisi dengan PDIP.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
BPS: Angka kemiskinan di Maluku Utara meningkat TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat angka kemiskinan...
Empat Bulan Jasa Medis di RSUD Belum Terbayar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Halmahera Utara M...
60 Ribu Warga Halut belum Rekaman e-KTP TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku ...
Gunung Ibu Meletus, BNPB: Status Tetap Waspada JAILOLO, TAJUKTIMUR.COM - Gunung Ibu yang berada di Halmahera Barat, Maluku Utara meletus pada pukul...
Pemprov Malut Usulkan Pemberhentian Bupati Haltim TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) mengusulkan proses pemberhentian ...
Kanal: Maluku Utara Pilkada