Loading...

Pilkada Malut 2018: Paslon Bur-Jadi Didukung Enam Parpol

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) – Detik-detik terakhir Paslon Gubernur Maluku Utara Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaluddin (BUR-JADI) resmi mendapatkan dua rekomendasi sekaligus formulir dalam bentuk B1 KWK.

Dua rekomendasi tersebut diantaranya Partai Demokrat yang diterima pada Sabtu (6/1) malam dengan SK: nomor : 783/DPP -PD/I/2018. Kemudian disusul partai NasDem pada Minggu (7/1). SK nomor : 261-Kpts/DPP- NasDem/XII/ 2017. Yang diterima oleh paslon BUR-JADI didampingi ketua DPD Demokrat dan ketua DPW NasDem.

Ketua DPD Partai Demokrat Hendrata Thes mengatakan, keputusan ini sudah melalui proses panjang yang dipertimbangkan DPP Partai Demokrat. Setiap kader wajib tunduk dan taat bekerja memenangkan BUR-JADI.

Sementara, Partai Nasdem yang sebelumnya merekomendasi Rudy-Hein untuk mencari tambahan partai koalisi selama empat bulan. Namun, DPP Partai Nasdem memutuskan  sikap menjelang injury time pendaftaran ke KPU untuk mendukung Bur-Jadi.

Rekomendasi PKPI Sebelum mendukung Pasangan Burhan Abdurahman/Ishak Djamaluddin (Bur/Jadi). (foto: istimewa)

 

Asgar Saleh, Anggota Tim Penjaringan Cagub dan Cawagub DPW Partai Nasdem Maluku Utara mengatakan tidak mungkin merekomendasi Muhammad Kasuba (MK) dan Abdul Gani Kasuba (AGK) dengan alasan sejak awal PKS an PDIP tidak mau berkoalisi dengan Partai Nasdem.

Begitu juga dengan AGK, PDIP juga sejak awal tidak mau berkoalisi dengan Partai yang diinisiasi oleh Surya Paloh tersebut. Disisi lain secara psikologi, Partai Nasdem tetap menjaga keberadaan karena Rudy juga dari PDIP.

“Masa dia di PDIP,  baru tong dukung PDIP kan tara (tidak-red) mungkin”, kata Asgar Saleh beberapa waktu lalu.

Penyerahkan SK kepada BUR-JADI diserahkan oleh Sekjen Partai Nasdem, Johnny G. Plate di Jakarta.

Sebelumnya, Senin (10/12/2017) Dewan Pimpinan Partai Hanura, PKB dan PKPI memastikan dukungan kepada Bur-Jadi dengan mengeluarkan SK bernomor SKEP/B030/DPP-Hanura/XI/2017 yang ditandatangani Oesman Sapta Odang dan Sekjen Syarifuddin Sudding bersama SK yang ditandatangani Ketum PBB Prof DR Yusril Ihza Mahendra dan Sekjen Ir Afriansyah serta SK yang diteken Prof DR AM Hendropriyono dan Sekjen DR Imam Anshori bernomor 120/KEP/DPN PKPI.

Dengan demikian, Pasangan Bur-Jadi memiliki 18 kursi dukungan di DPRD Maluku Utara, diantaranya Partai Nasdem sebanyak lima kursi, Partai Hanura empat kursi, PBB tiga kursi, Demokrat sebanyak tiga kursi, PKPI dua kursi dan PKB sebanyak satu kursi.

Jumlah tersebut sudah mencukupi kuota dari total 45 kursi di DPRD Malut.

(dwisan/ttcom)

Berita Lainnya
Dishub Ternate Tertibkan Parkir Liar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Maluku Utara akan menertibkan par...
Pembangunan Jembatan ‘Temadore’ akan Terwujud TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) menyatakan, rencana pem...
Pemkab Halmahera Selatan Gelar Program Inovasi Desa LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Halmahera Selatan (Halsel)...
Danrem 152/Babullah: Netralitas TNI Harga Mati TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komandan Korem (Danrem) 152/Babullah, Kolonel Inf Endro Satoto menegaskan ...
KPU Malut Tetapkan AGK-YA Pemenang Pilkada 2018 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) menetapkan pasangan calon...
Kanal: Maluku Utara Pilkada