Loading...

PMI Maluku Utara Butuh 300 Kantong Darah

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Palang Merah Indonesia Maluku Utara menyebut stok darah di RSUD Chasan Boesoerie yang disediakan bagi pasien yang membutuhkan setiap bulan harus mencapai 300 hingga 350 kantong.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Malut, dr Titi Nachrawi di Ternate, Sabtu mengatakan, pihaknya intensif melakukan kegiatan donor darah di berbagai momentum guna memenuhi target stok darah yang dibutuhkan itu.

Dengan target kebutuhan darah 300 hingga 350 kantong setiap bulan tentunya harus memanfaatkan berbagai kegiatan instansi yang diisi dengan aksi donor darah.

Dia mencontohkan, dalam sebulan terakhir untuk memenuhi kebutuhan darah, PMI Malut melakukan donor darah dengan menggandeng berbagai instansi BUMN seperti BPJS Ketenagakerjaan dan Pertamina.

Bahkan, saat HUT BPJS Ketenagakerjaan dilakukan donor darah dan berhasil mendapatkan 31 kantong stok darah berbagai jenis yang akan di bawa akan tahap penyaringan cek cek agar bisa digunakam oleh pasien.

Selain itu, PMI Malut menggelar donor darah di Perwakilan Bank Indonesia dan berhasil mengumpulkan 131 kantong darah.

Kendati demikian, dirinya mengakui kalau dalam donor darah ini paling minim ditemukan darah AB dan diupayakan pada donor darah bersama Polda Malut bisa mendapatkan stok darah yangg banyak.

Dia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan stok darah AB, PMI telah memiliki pendonor tetap sebanyak 10 orang yang biasa melakukan donor darah jenis AB.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Ternate, Gazali Dahlan ketika dihubungi terpisah menyatakan, satu agenda itu rutinitas BPJS Ketenagakerjaan yakni melakukan donor darah yang disumbangkan bagi pasien yang dirawat di RSUD.

“Kegiatan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ternate ini bagian dalam implementasi atau pelaksanaan kegiatan kemanusiaan dan donor darah ini merupakan kedua kalinya dimana pertama digelar pada bulan Maret 2017,” katanya.

Oleh karena itu, kegiatan ini akan berjalan secara berkesinambungan dan perubahan dan merupakan agenda rutin dari Kantor BPJS Ketenagakerjaan dan lebih diprioritaskan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk ikut mendonorkan darahnya.

Berita Lainnya
BPS: Angka kemiskinan di Maluku Utara meningkat TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara (Malut) mencatat angka kemiskinan...
Empat Bulan Jasa Medis di RSUD Belum Terbayar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Halmahera Utara M...
60 Ribu Warga Halut belum Rekaman e-KTP TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku ...
Gunung Ibu Meletus, BNPB: Status Tetap Waspada JAILOLO, TAJUKTIMUR.COM - Gunung Ibu yang berada di Halmahera Barat, Maluku Utara meletus pada pukul...
Pemprov Malut Usulkan Pemberhentian Bupati Haltim TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) mengusulkan proses pemberhentian ...
Kanal: Maluku Utara