Loading...

Raker APEKSI Berlangsung di Tarakan

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke XIII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Kota Tarakan, Kalimantan Utara dengan tema “Penguatan kerja sama antar daerah mengoptimalkan potensi daerah” resmi digelar pada Rabu lalu, (25/7) di Hatel Tarakan Plaza.

Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI 2018 di awali dengan acara Indonesia City Expo yang telah di buka semalam oleh Walikota Tarakan, Sofyan Raga bertempat di Kampung Empat area Islamic Center Tarakan yang menampilkan berbagai produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan promosi daerah dari Kota-Kota yang masuk dalam anggota APEKSI.

Perwakilan seluruh Kota hadir dalam kegiatan City Expo tersebut, termasuk Pemerintah Kota Ternate melalui instansi terkait yakni Disperindag dan Dinas Pariwisata guna memperkenalkan produk unggulan mereka dan promosi pariwisata Kota Ternate.

Walikota Ternate, Burhan Abdurahman yang juga Wakil Ketua APEKSI Bidang Perkotaan dalam kesempatan itu mengatakan, dirinya sangat menyambut baik kegiatan City Expo yang digelar panitia hingga tanggal 28 Juli nanti, sebab bisa memperkenalkan produk-produk unggulan serta berbagai destinasi wisata yang ada di Ternate.

“Bagi saya kegiatan ini sangat bagus karena bisa menambah wawasan dan pengalaman bagi pelaku usaha kita terutama SKPD terkait yakni Disperindag dan Dispar agar ikut memperkenalkan sekaligus mempromosikan berbagai keunggulan dan potensi yang ada sehingga kedepan bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Nuryadin Rahman mengatakan, sebagian besar produk UMKM yang ditampilkan pada City Expo kali ini adalah produk olahan pangan, hingga tenunan khas Ternate dan berbagai produk unggulan lainnya.

“Yang paling laris yakni produk Sirup Pala. Tak sampai sehari produk tersebut sudah laris dibeli. Saya berharap kegiatan promosi seperti ini bisa dikolaborasikan dengan SKPD lain sehingga tidak kalah dengan daerah lain, sebab ini bagian dari promosi daerah kita juga,” katanya.

Kegiatan Rakernas APEKSI 2018 di Kota Tarakan, dihadiri oleh lebih dari 3000 perwakilan seluruh Kota di Indonesia. Tercatat dari jumlah total 93 Walikota se-Indonesia, ada 84 Walikota yang hadir dalam kegiatan tersebut, termasuk Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany yang juga Ketua Umum APEKSI.

Berita Lainnya
KPU Tidore Gugurkan 35 Bacaleg di Penetapan DPS TIDORE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara menggugurkan 35 bakal calon legislatif (bacaleg) 2019 melalui...
Orangtua Siswa di Ternate Menolak Imunisasi MR TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah orang tua siswa di Ternate, Maluku Utara (Malut) menolak anaknya untuk mengikuti imunisasi measles dan rubella (MR)...
Puteri Indonesia 2017 Kunjungi Kota Tidore Kepulauan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Puteri Indonesia Tahun 2017, Bunga Jelita Ibrani bersama 19 Finalis Puteri Kampus Universitas Khairun (Unkhair) Ternate 2018...
Gelar Aksi Protes, Massa Robohkan Pintu Pagar Kantor Bupati Morotai MOROTAI, TAJUKTIMUR.COM - Massa mengatasnamakan Barisan Orang Morotai (BOM) merobohkan pintu pagar Kantor Bupati Morotai, saat mereka menggelar aksi p...
Pemkot Ternate Akan Benahi Destinasi Wisata Pulau Hir TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, segera membenahi jalan lingkar Pulau Hiri untuk menjadikan salah satu destinasi wisat...
Kanal: Maluku Utara