Loading...

Rencana Liburan Akhir Tahun Kemana? Ternate Bisa Jadi Pilihan

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Ingin menikmati libur akhir tahun di daerah yang aman, nyaman dan memiliki banyak objek wisata/ Kota Ternate di Maluku Utara (Malut) bisa menjadi pilihan, karena Ternate memiliki semua itu.

Di kota yang berpenduduk 200 ribu jiwa lebih ini, setiap orang bebas berpergian kemana pun hingga larut malam, tanpa dihantui dengan kekhawatiran akan mengalami sasaran aksi kriminal, misalnya begal, seperti yang terjadi di daerah lain.

Objek wisata yang bisa dinikmati di Ternate juga cukup banyak, mulai dari peninggalan sejarah, wisata bahari, wisata alam sampai objek wisata religi dan kuliner.

Bahkan khusus untuk objek wisata peninggalan sejarah di Ternate, Ketua Masyarakat Sejarahwan Indonesia (MSI) Malut Syahril Muhammad melukiskannya sebagai yang terunik, terutama untuk peninggalan sejarah yang terkait dengan Kesultanan Ternate.

Di Kedaton Kesultanan Ternate, ada peninggalan sejarah berupa mahkota berambut yang dapat dikatakan aneh tapi nyata, karena rambut di mahkota itu tumbuh memanjang seperti rambut di kepala manusia, sehingga di waktu tertentu harus dipotong.

Peninggalan sejarah berupa benteng yang dibangun bangsa Eropa saat menjajah Ternate pada beberapa abad silam juga ada di daerah itu. Bahkan jumlahnya ada sembilan buah dan sebagian besar masih terawat dengan baik.

Salah satu benteng di antaranya yakni Benteng Oranje yang dibangun Belanda pada abad ke-15 kini dijadikan pusat pengembangan kebudayaan di Ternate dan sering dijadikan lokasi penyelenggaraan berbagai kegiatan budaya dan wisata.

Salah seorang wisatawan asal Bandung, Setiawan mengaku sudah pernah mengunjungi berbagai daerah di dalam dan luar negeri yang memiliki benteng, tetapi tidak ada yang sebanyak seperti di Ternate, yang hanya sebuah pulau kecil.

Objek wisata bahari yang bisa dinikmati di Ternate, selain pantai, seperti Pantai Sulamadaha dan Pantai Tobololo, juga wisata bawah laut yang menyajikan keindahan terumbu karang dan keragaman ikan yang beberapa jenis di antaranya merupakan ikan langka.

Jika ingin mendaki gunung di pulau yang terkenal dengan rempahnya itu, juga ada Gunung Gamalama setinggi 1.700 meter dari permukaan laut, yang di puncaknya ada makam tua, yang konon makam para wali penyebar Islam di Malut.

Objek wisata religi di Ternate, di antaranya Masjid Kesultanan Ternate yang berusia lebih dari 500 tahun, gereja yang dibangun Portugis dan Klenteng Ibu Suri yang telah berusia lebih dari 300 tahun.

Berita Lainnya
Pemkot Arahkan Investor ke Wilayah Ternate Selatan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) mengarahkan investo...
Pemkot Ternate Tuntaskan 22 Hektare Kawasan Kumuh TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) hingga akhir 2018 t...
Polres Ternate Raih Predikat Zona WBK TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberik...
Walikota ajak Masyarakat jaga Terumbu Karang di Jikomalamo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengajak masyarakat untuk menjaga teru...
KNPI Tidore Canangkan Pemuda Pengawal Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Mal...
Kanal: Maluku Utara