Loading...

SAKTI: KPU Harap Perhatikan Pilgub Malut Terkait Dualisme Dukungan

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara telah menetapkan 4 pasangan calon (paslon) berikut nomor urutnya, Para Pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Maluku Utara 2018 – 2023.

Mereka adalah Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai) diusung oleh Partai Golkar dan PPP dengan total 9 kursi dengan nomor urut satu, Burhan Abdurahman-Ishak Djamaludin (Bur-Jadi) diusung oleh Partai NasDem, Partai Hanura, Partai Demokrat, PKB dan PBB dengan total 16 kursi dengan nomor urut 2.

Nomor Urut tiga dikantongi oleh Paslon Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK-YAN) diusung oleh PDI-P dan PKPI, 9 kursi. Yang terakhir Paslon nomor urut empat, yakni Muhammad Kasuba-Madjid Husen (MK-MAJU) PKS, PAN dan Partai Gerindra dengan total 11 kursi.

Sejak pertengahan bulan Januari lalu, Jaringan Pemilih Merdeka (JPM) mendapat laporan dari kawan-kawan di Maluku Utara terkait Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, bahwa terdapat dualisme dukungan terhadap dua Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur Maluku Utara pada saat pendaftaran, yakni dukungan PKPI Hendropriyono terhadap Paslon Burhan Abdurahman-Ishak Djamaludin (Bur-Jadi) dan Paslon Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK-YAN).

“Yang akhirnya pada penetapan paslon Gubernur/Wakil Gubernur Maluku Utara, KPU Provinsi Maluku Utara menetapkan bahwa dukungan PKPI tersebut untuk pasangan Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali (AGK-YAN),” kata Koordinator Jaringan Pemilih Merdeka/Sekjend Serikat Kerakyatan Indonesia (SAKTI), Girindra Sandino.

Girindra menjelaskan, ada keganjilan yang perlu dicermati, dari adanya dualismen dukungan tersebut, meski akhirya PKPI memilih pasangan Gani Kasuba dan Al Yasin Ali.

Sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 43 ayat (1) UU No. 10/2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, bahwa “Partai Politik atau gabungan Partai Politik dilarang menarik calonnya dan/atau calonnya dilarang mengundurkan diri terhitung sejak pendaftaran sebagai calon pada KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota.

Sebagaimana diketahui PKPU No. 2/2018 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Walikota/Wakil Walikota, bahwa pengumuman pendaftaran paslon pada 1 Januari – 7 Januari 2018, sementara pendaftaran paslon 8 – 10 Januari 2018. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, penelitian syarat paslon, perbaikan syarat paslon, hingga berakhir pada tanggal 27 Januari 2018.

(fr)

Berita Lainnya
Tidore siapkan pembangunan pelabuhan wisata dan perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membangun s...
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
Kecamatan Gane Timur Selatan Juara Umum Pada STQ Ke XXV LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke XXV Tahun 2019 tingkat Kabupa...
Kanal: Maluku Utara Pilkada