Loading...

Sektor Produksi Komoditi Pala Jadi Perioritas di Maluku Utara

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Ghani Kasuba (AGK) mengatakan, nasib para petani di Malut tidak terlepas dari perhatian pemerintah provinsi.

Demikian dikemukakan Gubernur AGK pada membuka rapat koordinasi pengembangan komoditas pala nasional yang berlangsung di Ball Room Grand Dafam Hotel International Hotel Ternate, Kamis (27/9/18).

Menurut Gubernur, provinsi Malut di kenal sebagai kepulauan rempah oleh bangsa eropa di masa yang lalu, seperti cengkeh dan pala yang begitu tumbuh subur menjadi perhatian dunia kala itu.

Untuk itu, pala sebagai komoditi unggulan menjadi sektor produksi yang harus di dorong untuk dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Gubernur juga berharap melalui forum koordinasi ini dapat mendorong pengembangan komoditas pala menjadi perioritas pada pertumbuhan ekonomi dan penghasilan petani di Malut.

“Apa yang menjadi tugas kami sebagai pemerintah daerah ialah melakukan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berdampak pada kemajuan daerah dengan cara peningkatan produksi komoditi pala agar terciptanya pertumbuhan ekonomi sehingga berdampak pada penghasilan masyarakat petani di malut” kata ABdul GHani Kasuba.

Selain itu orang nomor satu di provinsi Malut juga menyampaikan, keinginannya kepada kementrian pertanian agar senantiasa mendorong peningkatan produksi pala yang sejauh ini masih menggunakan teknik tradisional dikembangkan pada indutri pertanian modern sehingga memudahkan para petani baik dalam aktifitas produksi maupun upaya peningkatan jumlah produksi setiap tahun.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh dinas Pertanian Malut bersama Ditjen perkebunan Kementrian pertanian tersebut, dihadiri langsung oleh Direktorat Jenderal perkebunan Republik Indonesia, Wakil Gubernur Papua Barat, mewakili Gubernur Aceh, Mewakili Gubernur Maluku, dan perwakilan gubernur dari Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Utara (Sulut) serta para Forkopimda dan puluhan peserta rakor Kabupaten/Kota se-Maluku Utara.

Berita Lainnya
Muhammad Kasuba akan Wujudkan Malut Lebih Sejahtera LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari P...
Pengamat: Masyarakat Menanti Kejutan Debat Capres tanpa Kisi-Kisi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada Minggu malam...
Wali Kota Ternate Agendakan Triathlon Jadi Event Tahunan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Walikota Ternate Burhan Abdurahman mengagendakan event perlombaan Triathlo...
PWI Malut gelar Pertandingan Sepak Bola Antarinstansi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku Utara (Malut) memeriahkan pering...
Muhammad Kasuba: Pilih PKS, Pilih DPR RI Nomor Urut 01, Pilih Prabowo Sandi LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Dalam kegiatan yang bertajuk PKS Basigaro, bakupange dari hati ke hati. Cal...
Kanal: Maluku Utara