Loading...

Soal Dukungan Ganda, Ketua dan Sekretaris PKPI Malut Jadi Tersangka

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) — Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Provinsi Maluku Utara (Malut), resmi menetapkan Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Malut, Masrul H. Ibrahim dan Yahya Soamole sebagai tersangka.

Penetapan tersangka terhadap kedua pimpinan partai ini, atas dugaan kasus pelanggaran tindak pidana Pemilu. Hal ini disampaikan pembina Gakkumdu Malut, Muksin Amrin dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu Malut, Kamis (29/3/2018).

Perkara ini kata Muksin, awalnya ditangani oleh Bawaslu Malut atas dugaan keputusan sengketa pilkada yang digugat kuasa hukum tim pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Burhan Abdurahman-Ishak Jamaludin (BUR-JADI) terhadap SK KPU Malut yang menerima Paslon Abdul Gani Kasuba-M. Al Yasin Ali (AGK-YA) demgam menggunakan SK PKPI pada saat pendafataran bakal calon pada 8 Januari 2018 lalu.

“Bawaslu menilai ada faktor kesengajaan dari Masrul dan Yahya, yang menghadiri pendaftaran dua paslon tersebut,” ujar Ketua Bawaslu Malut ini.

Lanjut dia, selama lima hari melakukan proses bersama Gakkumdu dengan memeriksa beberapa orang saksi. “Saksi yang diperiksa dalam hal ini lima orang anggota KPU Malut, saya sendiri sebagai ketua Bawaslu,” jelasnya.

Setelah semua saksi sudah diminta keterangan, Bawaslu dan Gakkumdu menyerahkan ke penyidik Polda Malut, dan waktu yang dilakukan Penyidik untuk melakukan pendalaman selama 14 hari.

Muksin mengaku, tadi penyidik sudah meminta keterangan ke Masrul dan Yahya yang sudah berstatus tersangka. Dari hasil kesepakatan Penyidik, keduanya tidak ditahan karena mereka koparatif atau selalu hadir disetiap kali panggilan,” kata Muksin.

Dalam keterangan masrul dan Yahya, lanjut Muksin, mereka berdua siap menerima konsekuensi hukum sehingga kesimpulannya tidak ditahan.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Warga Morotai Keluhkan Pemadaman Listrik MOROTAI, TAJUKTIMUR.COM — Warga di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), khususnya yang berada di kota Daruba mengeluhkan pemadaman listrik s...
Pemkot Ternate Didorong Sediakan Infrastruktur Kota Pintar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM — DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mendorong pemerintah kota untuk menyediakan anggaran pembenahan infrastruktur guna ...
Survei Indikator: Ganjar-Taj Yasin 72,4 persen, Sudirman Said 21 persen JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Pasangan calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin mengungguli pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dalam survei e...
Dukungan Warga Halut ke MK-Maju Makin Solid TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Tim pemenangan MK - Maju Kasman Hi Ahmad menegaskan dukungan masyarakat Halmahera Utara (Halut) untuk Muhammad Kasuba-Abdul ...
Pemkab Halut Pecat 12 ASN Terlilit Kasus HALUT, TAJUKTIMUR.COM -  Badan Kepegawaian Daerah dan Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur (BKDPSDA) Pemkab Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut)...
Kanal: Maluku Utara Pilkada