Loading...

Soal Dukungan Ganda, Ketua dan Sekretaris PKPI Malut Jadi Tersangka

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) — Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Provinsi Maluku Utara (Malut), resmi menetapkan Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Malut, Masrul H. Ibrahim dan Yahya Soamole sebagai tersangka.

Penetapan tersangka terhadap kedua pimpinan partai ini, atas dugaan kasus pelanggaran tindak pidana Pemilu. Hal ini disampaikan pembina Gakkumdu Malut, Muksin Amrin dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu Malut, Kamis (29/3/2018).

Perkara ini kata Muksin, awalnya ditangani oleh Bawaslu Malut atas dugaan keputusan sengketa pilkada yang digugat kuasa hukum tim pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Burhan Abdurahman-Ishak Jamaludin (BUR-JADI) terhadap SK KPU Malut yang menerima Paslon Abdul Gani Kasuba-M. Al Yasin Ali (AGK-YA) demgam menggunakan SK PKPI pada saat pendafataran bakal calon pada 8 Januari 2018 lalu.

“Bawaslu menilai ada faktor kesengajaan dari Masrul dan Yahya, yang menghadiri pendaftaran dua paslon tersebut,” ujar Ketua Bawaslu Malut ini.

Lanjut dia, selama lima hari melakukan proses bersama Gakkumdu dengan memeriksa beberapa orang saksi. “Saksi yang diperiksa dalam hal ini lima orang anggota KPU Malut, saya sendiri sebagai ketua Bawaslu,” jelasnya.

Setelah semua saksi sudah diminta keterangan, Bawaslu dan Gakkumdu menyerahkan ke penyidik Polda Malut, dan waktu yang dilakukan Penyidik untuk melakukan pendalaman selama 14 hari.

Muksin mengaku, tadi penyidik sudah meminta keterangan ke Masrul dan Yahya yang sudah berstatus tersangka. Dari hasil kesepakatan Penyidik, keduanya tidak ditahan karena mereka koparatif atau selalu hadir disetiap kali panggilan,” kata Muksin.

Dalam keterangan masrul dan Yahya, lanjut Muksin, mereka berdua siap menerima konsekuensi hukum sehingga kesimpulannya tidak ditahan.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Pertamina Hentikan Penyaluran BBM ke SPBU Kalumata TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pertamina Maluku Utara (Malut), menghentikan penyaluran Bahan Bakar Minyak...
Pengamat: Pemprov Malut harus beli kopra petani TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pengamat ekonomi dari Universitas Khairun (Ukhair) Ternate Muhtar Adam men...
Dinas Pertamian Kota Tidore Dorong Pengembangan Pala dan Cengkih TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pertanian (Distan) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara tetap...
Disperindag Kota Ternate Data Pedagang di Pasar Gamalama TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, akan menda...
Kerajinan Anyaman Tikar Tradisional Ternate Terancam Punah TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kerajinan anyaman tikar tradisional di Kota Ternate, Maluku Utara terancam...
Kanal: Maluku Utara Pilkada