Loading...

Tikep Persiapkan 500 Tahun Ekspedisi Magelhaens

TIDORE, TAJUKTIMUR.COM – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk Peringatan 500 tahun Ekspedisi Magelhaens dan Festival Seni dan Budaya Internasional yang dirangkaikan dengan Sail Tidore 2021.

“Rakor ini membahas tentang pembentukan panitia pelaksana Penyelenggaraan Festival Seni dan Budaya Internasional dan Sail Tidore yang melibatkan seluruh kabupaten/kota di Malut,” kata Wali Kota Tidore Kepulauan Hi Ali Ibrahim di Ternate, kemarin.

Wali kota juga mengapresiasi Ketua KSBN (Komite Seni Budaya Nasional), Hendarji Soepandji yang telah banyak berbuat untuk Kota Tidore dan Pemprov Maluku Utara sebagai penginisiatif pertemuan ini.

Ia memaparkan beberapa usulan yang menjadi harapan bagi Pemda Kota Tidore Kepulauan untuk ditindaklanjuti sebagai bagian yang penting dan mendesak terkait Sail Magelhaens-Tidore 2021, yakni meminta kepada Gubernur Malut agar Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait membentuk kepanitiaan sebagai dasar untuk mengusulkan Kepres Sail Magelhaens Tidore 2021 melalui Kementerian terkait di Jakarta.

Ali Ibrahim meminta Pemda Provinsi Maluku Utara untuk dapat memberikan dukungan pembiayaan melalui APBD Provinsi Tahun anggaran berjalan.

Sementara itu, Hendarji Soepandji ketika dihubungi meminta agar menyongsong rombongan tiga Kapal Ekspedisi 500 tahun Napak Tilas Magelhaens yang melakukan Circumnavigation yang di mulai dari Sevila (Spanyol) pada September 2019 dan berakhir di Tidore Malut pada November 2021.

Sebagai salah satu pemrakarsa pendukung pehelatan ekspedisi laut Napak Tilas Magelhaens, Hendarji menilai Malut perlu melakukan berbagai agenda kegiatan untuk menyambut agenda akbar tersebut salah satunya yaitu menggelar penyelenggaraan Festival Seni Budaya Internasional yang dirangkaikan dengan Sail Tidore 2021.

Rapat ini dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoU) antara Komite Seni Budaya Nasional (KSBN) oleh Ketua KSBN Hendarji Soepandji dengan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dalam hal ini Pemerintah Provinsi Malut untuk pengembangan Seni Budaya Nusantara.

Gubernur Malut, KH Abdul Gani Kasuba meminta seluruh kabupaten/kota di Maluku Utara harus mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan ini selama kegiatan berlangsung, baik itu di Tidore maupun di daerah lain yang telah ditentukan untuk dijadikan tempat kegiatan tersebut.

Berita Lainnya
Pemkot Arahkan Investor ke Wilayah Ternate Selatan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) mengarahkan investo...
Pemkot Ternate Tuntaskan 22 Hektare Kawasan Kumuh TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) hingga akhir 2018 t...
Polres Ternate Raih Predikat Zona WBK TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memberik...
Walikota ajak Masyarakat jaga Terumbu Karang di Jikomalamo TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengajak masyarakat untuk menjaga teru...
KNPI Tidore Canangkan Pemuda Pengawal Pemilu TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Mal...
Kanal: Maluku Utara