Loading...

TKA China di Pulau Obi, DPRD: Jangan Kita Jadi Tamu di Daerah Sendiri

HALSEL, TAJUKTMUR.COM – DPRD Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) meminta agar pemkab setempat membentuk Satuan Tugas (Satgas) guna mengawasi aktivitas Tenaga Kerja Asing (TKA) di berbagai perusahaan tambang Pulau Obi.

Ketua Pansus TKA DPRD Halsel, Arsad Sangaji menyatakan, kehadiran Satgas ini nantinya bersinergi dengan Pansus, karena telah menemukan fakta baru dimana TKA yang membanjiri Obi sudah melebihi kapasitas.

“TKA yang dihadirkan di Obi kuli kasar, tidak ada tenaga khusus, saat ini Obi dalam kategori mengkhawatirkan dan jangan sampai kita menjadi tamu di daerah sendiri,” katanya.

Politisi asal PKPI ini menegaskan Pemda Halsel melalui Dinakertrans tidak memiliki data akurat mengenai TKA di Obi. Sehingga pihaknya menegaskan dalam waktu dekat akan mamanggil Dinakertrans Halsel untuk mengecek jumlah TKA yang terdata.

“Sesuai data yang kami kantongi sudah 500 orang lebih TKA yang ada di Obi, sementara kita tidak tahu Visa yang mereka gunakan visa apa kita khawatir Obi dijadikan bagian dari Cina,” katanya.

Sehingga, dengan adanya temuan lain terkait kondisi Obi, sejumlah warga meminta agar data keberadaan TKA di Halsel agar disampaikan secara terbuka.

Bahkan, sejak kurun waktu 5 tahun terakhir 45 persen areal perusahaan tambang tersebut sudah berganti menjadi bahasa China mulai dari nama jalan hingga makanan.

“Nama jalan juga diganti bahasa China, lama – lama kita khawatirkan anak daerah jadi tamu dirumahnya sendiri, belum lagi penyakit yang dibawah dari negara asalnya dan sebagainya,” katanya.

Berita Lainnya
Selama Ramadan, Pemkot Ternate larang tempat hiburan malam beroperasi TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) melarang tempat hib...
Tidore siapkan pembangunan pelabuhan wisata dan perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membangun s...
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
Kanal: Maluku Utara