Loading...

Transplantasi Terumbu Karang Taman Laut Nukila Ternate

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Memeriahkan HUT TNI Ke-73, LANAL Ternate bersama POSSI Kota Ternate menggelar kegiatan transplantasi terumbu karang di perairan Taman Laut Nukila (TLN) Ternate, Kecamatan Ternate Tengah, Sabtu, (13/10/2018) pagi, melibatkan komunitas Diving di daerah ini.

Kegiatan yang melibatkan 55 penyelam itu sudah dilakukan sejak Rabu kemarin dengan melakukan survey dan pemasangan modul, yang berjumlah 300 substrat terumbu karang yang benihnya diambil dari pantai Rum, Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

“Kegiatan transplantasi terumbu karang ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap pentingnya terumbu karang di perairan kota Ternate, untuk itu kami mempunyai kewajiban agar memberikan kontribusi kepada masyarakat Ternate terkait dengan kemaritiman atau kelautan,” ucap Komandan Pangkalan Laut (Danlanal) Ternate Kolonel Laut (p) Whisnu Kusardiyanto.

Menurutnya, hasil kajian dari Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) di tahun 2017, telumbuka karang di Indonesia yang kondisinya sangat baik itu ada 6,20 persen, sedangkan yang rusak parah ada 30, sekian persen. Dengan demikian kondisi telumbuk karang di indonesia mengalami ancaman kerusakan yang masiv yang disebabkan oleh ulah manusia.

Sementar itu, Walikota Ternate, Burhan Abdurahman pada kesempatan yang sama mengatakan, upaya yang dilakukan hari ini adalah untuk melestarikan terumbu karang yang ada. Kegiatan transplantasi ini bukan haya bertujuan untuk memberikan kehidupan bagi biota laut saja tetapi lebih dari itu bagaiman agar mengangkat pariwistata di kota Ternate, sebab salah satu destinasi underwater Ternate ada di taman laut nukila.

“Infrastruktur penunjang untuk penyelam di Taman Nukila akan dibenahi dan dilengkapi, sehingga mereka yang menyelam di kawasan ini akan merasa nyaman dan gembira, karena posisinya yang strategis karena berada di pusat kota dan dekat dengan bibir pantai dan ini yang paling diminati oleh para penyelam,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Ternate, Ruslan Bian mengatakan, Taman Laut Nukila telah ditetapkan pemerintah Kota Ternate sebagai destinasi wisata selam di Kota Ternate yang seharusnya bebas dari segala aktivitas lainnya.

“Dukungan dari semua pihak termasuk stakeholder agar sama-sama menjaga Taman Laut Nukila yang luasnya dari depan pintu masuk Pelabuhan Ahmad Yani hingga di belakang Pasar Higienis, agar bebas dari ancaman kerusakan seperi jangkar kapal, sampah dan lainnya sehingga bisa dinikmati hingga anak cucu nanti,” ucapnya.

Pihaknya di tahun ini menurut Ruslan, juga menerima bantuan sumbangan dari provinsi Maluku Utara berupa dua unit jetty apung atau dermaga terapung untuk membantu para diver dalam melakukan aktivitas pentyelaman di Taman Laut Nukila.

“Bila jetty apung ini sudah dipasang, kiranya bisa diimbangi dengan perbaikan dan penambahan fasilitas selam seperti ruang ganti, ruang mandi dan lainnya, sehingga ini juga bisa memberikan kenyamanan bagi para penyelam sekaligus bisa menambah pendapatan asli daerah,” harapnya.

Kegitan transplantasi terumbu karang yang dilakukan oleh Lanal dan POSSI Kota Ternate kali ini merupakan yang tersbesar karena di ikuti oleh 55 orang penyelam dari Dodoku Dive Center, Lakona Dive Club dan beberapa Komunitas selam lainnya, termasuk Walikota Ternate dan Forkompimda dengan kedalaman 18 hingga 20 meter.

Berita Lainnya
Masyarakat Ternate Dukung Rekomendasi MUI tentang Larangan Joget TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kalangan tokoh masyarakat di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendukung rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ternate kepada pemerintah ko...
Basarnas Evakuasi KM Bajoe di Perairan Tidore TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, mengevakuasi kapal KM SS Bajoe rute Ternate tujuan Kayoa, Halmahera Selatan (Halsel), Maluku ...
Gubernur Abdul Gani Kasuba Pastikan PSU di Malut Aman TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba memastikan agenda pemungutan suara ulang (PSU) yang akan berlangsung di enam desa Kabupaten Halmahera Ut...
Pemkot Tidore Anggarkan Kesehatan Gratis Warga Kurang Mampu TIDORE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) menyiapkan seluruh dokumen untuk disampaikan ke DPRD setempat untuk pembahasan KUA...
Gubernur Malut dan Forkompimda Tinjau Wilayah 6 Desa TERNATE, TAMUKTIMUR.COM - Menjelang hari Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 17 Oktober 2018 mendatang, Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Ghani Kasuba melakukan Kunjungan...
Kanal: Maluku Utara