Loading...

Warga Keluhkan Keberadaan PKL di Masjid Al-Munawwar

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM — Warga Ternate, Maluku Utara (Malut) mengeluhkan keberadaan Pedagang Kali Lima (PKL) di sekitar Masjid Al-Munawwar, karena sangat menghambat warga yang akan menunaikan ibadah di masjid terbesar di Kota Ternate itu.

“Warga yang datang ke Masjid Al-Munawwar untuk beribadah dengan membawa kendaraan kesulitan memarkir kendaraannya, karena halaman parkir masjid sudah dipenuhi PKL,”kata salah seorang warga Ternate, Sarjan di Ternate.

Oleh karena itu, instansi terkait di Pemkot Ternate diminta menertibkan PKL di sekitar Masjid Al-Munawwar tersebut, termasuk di sejumlah ruas jalan portokol yang menghambat kelancaran arus lalu lintas.

Sementara itu, Kepala Dinas Penindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ternate, Nuriyadin A Rahman mengatakan areal sekitar Masjid Al-Munawwar, termasuk di Terminal Gamalama dan Duafa Center tidak diizinkan sebagai tempat berjualan PKL.

Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengurus Masjid Al-Munawwar, untuk menertibkan para PKL tersebut agar keberadaannya tidak lagi menghambat warga yang akan beribadah.

Ia mengatakan, Disperindag Telah menyediakan tempat bagi PKL yang akan berjualan selama Ramadan, seperti di Pasar Higienis dan lokasi lain yang telah disediakan tersebar di sejumlah kecamatan di kota Ternate.

Khusus untuk pedagang musiman yang menjual menu berbuka puasa, menurut Nuriyadin, telah disiapkan enam lokasi di kota Ternate, di antaranya, Pantai Falajawa, Bastiong, Sasa, Pasar Higienis, Pasar Percontohan dan Pasar Gamalama Baru.

“PKL yang tetap memaksakan diri berjualan di lokasi yang dilarang, terutama jika keberadaannya mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas pasti akan ditertibkan,”katanya menambahkan.

Berita Lainnya
Petani Boikot Jalan Trans Tobelo-Galela TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Para petani yang tergabung dalam Pergerakan Petani Kopra (PPK) Tarakani di...
ASN adukan Bupati Morotai ke DPRD MOROTAI, TAJUKTIMUR.COM - Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Uta...
Dana Desa di Halmahera Utara naik Rp9 Miliar TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Halmahera Utara (H...
DKP Tidore Terus Berdayakan Nelayan Tradisional TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Tidore Kepulauan terus berupaya memberd...
Gubernur Maluku Utara Diminta Antisipasi Penurunan Harga Kopra TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah elemen di Halmahera Utara meminta Gubernur Maluku Utara Abdul Gan...
Kanal: Maluku Utara