Loading...

Warga Ternate Antisipasi Banjir Lahar Hujan

TERNATE, TAJUKTIMUR.COM – Warga Kota Ternate, Maluku Utara yang bermukim di bantaran kali bersiaga guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir lahar hujan dari Gunung Gamalama, menyusul tingginya curah hujan di daerah tersebut saat ini.

“Setiap turun hujan dengan intensitas lebat, kami sekeluarga selalu siaga dengan terus memperhatikan kondisi permukaan air di kali,” kata salah seorang warga yang rumahnya di bantaran Kali Tubo, Ternate Utara, Ruslan, di Ternate, Minggu.

Kali Tubo salah satu alur aliran lahar hujan Gunung Gamalama di Ternate yang saat banjir lahar hujan pada 2012 mengakibatkan belasan warga setempat tewas terbawa bencana alam itu.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ternate telah membekali mereka dengan pengetahuan mitigasi bencana sehingga sudah paham apa yang harus dilakukan jika terjadi banjir lahar hujan.

Langkah yang harus dilakukan saat terjadi banjir lahar hujan adalah mengungsi ke tempat aman yang sudah disiapkan dengan membawa berbagai dokumen penting, seperti ijazah dan surat-surat lainnya sambil menunggu bantuan evakuasi ke tempat penampungan.

Kepala BPBD Ternate Hasyim Yusup mengatakan pada Desember hingga Januari mendatang daerah setempat memasuki puncak musim hujan, sehingga berpotensi banjir lahar hujan Gunung Gamalama.

BPBD bersama instansi terkait lainnya sudah melakukan berbagai langkah antisipasi, seperti sosialisasi kepada masyarakat di lokasi rawan bencana itu serta menurunkan petugas ke lapangan setiap terjadi hujan dengan intensitas lebat.

“Adanya petugas yang kita turunkan ke lapangan itu, sehingga ketika melihat ada gejala akan terjadinya banjir lahar dingin, langsung menyampaikan kepada masyarakat setempat untuk mengungsi ke tempat aman,” katanya.

Upaya lain yakni menormalisasi seluruh kali yang menjadi alur aliran lahar hujan serta menertibkan pembangunan rumah atau gedung di pinggir kali yang dapat menghambat aliran air ke laut.

Berita Lainnya
Tidore siapkan pembangunan pelabuhan wisata dan perikanan TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membangun s...
UNBK di Ternate Siap Digelar 22 April 2019 TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Panitia pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Ternate, Malu...
Gubernur Komitmen Dorong Ekspor Langsung dari Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Abdul Ghani Kasuba berkomitmen mendorong ekspor langsung dari Mal...
Polda Malut Musnahkan Puluhan Senpi Rakitan dan Miras TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Polda Maluku Utara (Malut) memusnahkan puluhan senjata api (senpi) rakitan...
Kecamatan Gane Timur Selatan Juara Umum Pada STQ Ke XXV LABUHA, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke XXV Tahun 2019 tingkat Kabupa...
Kanal: Maluku Utara