Loading...

99.217 KPM Maluku Terima Bansos Tahap I

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Sebanyak 99.217 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap I tahun 2019.

Bansos diserahkan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto kepada perwakilan penerima dari kecamatan Teluk Ambon, di Auditorium Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Sabtu.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat menjelaskan, bantuan sosial PKH dan BPNT? Tahap I 2019, yang disalurkan untuk Provinsi Maluku? senilai Rp207,8 miliar untuk 99.217 KPM.

Bansos PKH dan BPNT? tahap I 2019 untuk Kota Ambon Rp16.014 miliar, yang terdiri dari bantuan PKH Rp13,8 miliar bagi 7.173 KPM, dan bansos BPNT Rp2,1 miliar bagi 10.805 KPM.

Menurutnya, bansos PKH dan BPNT menjadi salah satu program pemerintah yang memberikan kontribusi dalam penurunan kemiskinan dan ketimpangan.

2019 secara nasional alokasi anggaran PKH ditingkatkan yang semula Rp19,2 trilliun pada 2018, menjadi Rp34,4 trilliun.

Sementara BPNT dari semula 2018 mencakup penerima 10 Juta KPM, pada 2019 menjadi 15,6 Juta KPM.

Harry mengakui, penyaluran bantuan sosial PKH semula dicairkan bulan Februari, Mei, Agustus dan November menjadi Januari, April, Juli dan Oktober 2019.

“Skema bantuan yang sebelumnya flat menjadi non-flat/bervariasi. Indeks bantuan sosial PKH 2019 disesuaikan dengan beban kebutuhan keluarga dengan pembatasan maksimal untuk empat orang per keluarga,” jelasnya.

Indeks bantuan sosial PKH 2019 secara rinci untuk bantuan Tetap Setiap Keluarga/Tahun (diterima 1x pada Tahap I), dengan rincian Untuk PKH reguler Rp550 ribu dan untuk PKH Akses Rp1 juta.

Sedangkan bantuan komponen setiap jiwa per tahun (maksimal empat orang setiap keluarga), yakni ibu hamil Rp2,4 juta, anak usia dini (0-6 tahun) Rp2,4 juta, anak SD/sederajat Rp900 ribu.

Untuk anak SMP/Sederajat Rp1,5 juta, SMA/sederajat Rp2 juta, lanjut usia 60 Tahun ke atas Rp2,4 juta dan penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta.

Berita Lainnya
Ibu Negara ajari siswa PAUD Ambon pola hidup sehat AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo bersama sejumlah pengurus Organisasi Aksi Sol...
Ibu Negara ajak perempuan Ambon Tes Papsmer AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak kaum perempuan di Kota Ambon untuk me...
Calon Kepala Ohoi Jalani Sumpah Adat LANGGUR, TAJUKTIMUR.COM - Para calon kepala ohoi (desa) di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menjala...
Iriana Jokowi diagendakan Kunjungi Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo diagendakan mengunjungi Ambon, ibu kota Provi...
Ambon siap menuju Jaringan Kota Kreatif Dunia AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kota Ambon menyiapkan berbagai infrastruktur dan dokumen pendukung menuju ja...
Kanal: Maluku