Loading...

ASN Diimbau Netral di Pilkada Maluku

AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Aparatur Sipil Negara (ASN) Ambon dimbau netral pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku pada 27 Juni 2018.

“ASN Ambon diimbau untuk menjaga netralitas dengan tidak ikut berpolitik praktis, tetapi memperhatikan aturan normatif yang berlaku jelang pelaksanaan Pilkada serentak,” kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Ambon, Senin.

Menurut dia, ASN harus menjaga netralitas dan menjadi contoh bagi seluruh proses demokrasi agar berjalan dengan damai.

“Saya minta seluruh ASN Ambon netral dan belajar dari pengalaman `Pilwakot`, saya minta agar tidak lancang, tetapi gunakan hak untuk memilih dengan baik,” ucapnya, menegaskan.

Richard menyatakan, UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah(PP) No. 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN yang melarang terlibat dalam berpolitik.

UU dan PP tersebut mengatur bahwa ASN harus bebas dari pengaruh atau intervensi semua golongan dan partai politik. Hal ini jelas menegaskan kedudukan ASN dalam Pilkada.

“Seorang ASN tidak boleh berpihak kepada salah satu pasangan calon, jika ada yang terlibat akan dikenakan sanksi berupa pembinaan,” tagasnya.

Ia mengakui, sanksi hukum yang akan diberikan bersifat teguran lisan dan tertulis sampai pada sanksi pemecatan sebagai PNS.

Sanksi tersebut diberikan kepada oknum ASN yang terindikasi melakukan aktivitas politik hingga pada upaya mobilisasi warga untuk memilih salah satu pasangan calon.

“Jika ada anggota masyarakat yang melaporkan oknum ASN yang terlibat politik praktis maka hal itu adalah pertanggungjawaban pribadi yang bersangkutan,” ujarnya.

Berita Lainnya
KPU Mimika Belum Terima Semua Surat Suara TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM —- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua belum menerima semua surat suara yang akan digunakan untuk pemi...
Survei MSS: Publik Masih Inginkan Petahana Pimpin Maluku AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Survei Lembaga Media Survei dan Strategi (MSS) menyimpulkan sebagian publik di Maluku masih menginginkan petahana Gubernur, S...
Sigit Sosiantomo Ajak Kader PKS Jatim Menangkan Gus Ipul-Puti Pada Pilgub Jatim 2018 SURABAYA, TAJUKTIMUR.COM – Anggota Komisi V DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) , Sigit Sosiantomo mengajak seluruh kader PKS di Jawa Timur (...
KPU: Empat Kabupaten di Papua Belum Laporkan DPS Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Sebanyak empat dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua belum melaporkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilu 2019. ...
Lebih dari 60 Ribu Massa Hadiri Kampanye Akbar MK-Maju BACAN, TAJUKTIMUR.COM -- Ribuan massa yang datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara, tumpah ruah ...
Kanal: Maluku Pilkada