Loading...

ASN Diimbau Netral di Pilkada Maluku

AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Aparatur Sipil Negara (ASN) Ambon dimbau netral pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku pada 27 Juni 2018.

“ASN Ambon diimbau untuk menjaga netralitas dengan tidak ikut berpolitik praktis, tetapi memperhatikan aturan normatif yang berlaku jelang pelaksanaan Pilkada serentak,” kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Ambon, Senin.

Menurut dia, ASN harus menjaga netralitas dan menjadi contoh bagi seluruh proses demokrasi agar berjalan dengan damai.

“Saya minta seluruh ASN Ambon netral dan belajar dari pengalaman `Pilwakot`, saya minta agar tidak lancang, tetapi gunakan hak untuk memilih dengan baik,” ucapnya, menegaskan.

Richard menyatakan, UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah(PP) No. 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN yang melarang terlibat dalam berpolitik.

UU dan PP tersebut mengatur bahwa ASN harus bebas dari pengaruh atau intervensi semua golongan dan partai politik. Hal ini jelas menegaskan kedudukan ASN dalam Pilkada.

“Seorang ASN tidak boleh berpihak kepada salah satu pasangan calon, jika ada yang terlibat akan dikenakan sanksi berupa pembinaan,” tagasnya.

Ia mengakui, sanksi hukum yang akan diberikan bersifat teguran lisan dan tertulis sampai pada sanksi pemecatan sebagai PNS.

Sanksi tersebut diberikan kepada oknum ASN yang terindikasi melakukan aktivitas politik hingga pada upaya mobilisasi warga untuk memilih salah satu pasangan calon.

“Jika ada anggota masyarakat yang melaporkan oknum ASN yang terlibat politik praktis maka hal itu adalah pertanggungjawaban pribadi yang bersangkutan,” ujarnya.

Berita Lainnya
Bawaslu Bentuk 82 Pengawas TPS Hadapi PSU Pilgub Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Menghadapi proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) sebagaimana putusa...
Pertamina Siapkan Lima Lokasi BBM Satu Harga YOGYAKARTA, TAJUKTIMUR.COM PT Pertamina (Persero) menyiapkan lima lokasi penjualan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di Provinsi Maluku tahun 2018. ...
Lantamal Ambon Latih 50 Mahasiswa Keperawatan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Tim Evakuasi Medis Laut (EML) Lantamal IX/Ambon melatih 50 mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Sains, Teknologi, Kese...
Gubernur Maluku Ganti Pimpinan PD Panca Karya AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Said Assagaff mengganti tiga orang pimpinan Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya, masing-masing Ketua Dewan Peng...
PDI-P Optimis AGK-YA Menangi Pemilihan Suara Ulang Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maluku Utara (Malut) optimistis pasangan calon (paslon) gubernur/wakil gube...
Kanal: Maluku Pilkada