Loading...

Bawaslu: Herman-Abdullah Belum Lengkapi Berkas

AMBON (TAJUKTIMUR.COM) — Badan Pengawas Pemilihan Umum Maluku menyatakan, bakal calon gubernur dan wagub dari jalur perseorangan Herman Koedoebeon-Abdullah Vanath, belum melengkapi berkas keberatan terhadap KPU yang menolak pasangan ini mengikuti tahapan pilkada 2018.

“Kami masih menunggu pasangan Herman Koedoebeon-Abdullah Vanath (Hebat) melengkapi sejumlah kekurangan berkas agar bisa diproses,” kata Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely, di Ambon, Selasa (5/12).

Tenggat untuk melengkapi kekurangan berkas adalah 6 Desember 2017. “Hebat hendaknya melengkapi kekurangan berkas karena tinggal satu hari tenggat waktunya,” ujar Abdullah Elly.

Bila pasangan Hebat melengkapi kekurangan berkas, barulah diregistrasi untuk memutuskan jadwal sidang sengketa dengan tenggat waktu hanya 12 hari.

Keberatan yang diajukan pasangan Hebat hendaknya memenuhi persyaratan formal dan material agar bisa diproses sesuai ketentuan perundang-undangan, katanya.

Dia mengemukakan, Bawaslu Maluku berusaha menangani keberatan pasangan tersebut sesuai dengan perundang-undangan sehingga keputusan sidang sengketa nantinya bisa diterima kedua belah pihak yang bersengketa.

“Jadi serahkan penanganan sengketanya ke Bawaslu untuk menangani secara profesional karena tahapan ini pun diawasi Bawaslu RI maupun lembaga lainnya,” kata Abdullah Elly.

Sebelumnya, Koordinator Relawan Pasangan Hebat, Michael Palyama mengatakan, keberatan diajukan karena menilai terjadi ‘human error’ yang dilakukan tim KPU Maluku saat perhitungan persyaratan dukungan diajukan sebanyak 165.510 telah masuk ke Sistem Informasi Data Pencalonan (Silon) dan ternyata hanya 99.203 dinyatakan sah.

Bahkan, data terakses ke Silon itu sesuai dengan daftar B2KWK yakni sebanyak 165.510 dan ternyata berdasarkan perhitungan data KTP yang terlampir hanya 99.203.

“Kami menilai kemungkinan anggota tim kelelahan karena melakukan perhitungan setelah diajukan persyaratan dukungan pada Minggu (26/11) malam, pukul 21.30 WIT dan menghitungnya hingga Senin (27/11) siang, pukul 11.30 WIT,” ujarnya.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Plh Gubernur Hamin Bin Thahir dorong Pemilu di Maluku Jurdil AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksana harian (Plh) Gubernur Maluku, Hamin Bin Thahir mendorong penyeleng...
KPU: Pemilih Pemilu di Maluku 1.269.781 orang AMBON, TAJUKTIMUR.COM - KPU Maluku telah melakukan proses perbaikan daftar pemilih tetap hasil perba...
Garuda turunkan harga tiket dari dan ke Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai Garuda Indonesia menetapkan mulai 1 April harga tiket pesawat Garud...
Nelayan dilaporkan hilang di Teluk Elpaputih AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Seorang nelayan yang diketahui bernama La Hama (60) dilaporkan hilang saat m...
Gubernur Maluku Pecat Lima ASN Korupsi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff telah melakukan pemecatan tidak dengan hormat...
Kanal: Maluku Pilkada