Loading...

BI Maluku akan Lakukan Kampanye GPN

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku akan mengadakan kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) pada Minggu, 29 Juli 2018.

“Kampanye GPN ini akan dilaksanakan dari pagi hari di pelataran lapangan Merdeka Ambon,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Bambang Pramasudi dalam jumpa pers di Ambon, Jumat, yang juga dihadiri Pimpinan BNI Cabang Ambon, Lionne, Pimpinan BCA Petrus, dan salah satu staf dari BPD Maluku Fanni.

Bambang menjelaskan, GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan beberapa kanal pembayaran seperti Automated Teller Machine (ATM) dan Elektronik Data Capturing (EDC), yang memfasilitasi transaksi elektronik melalui sistem/infrastruktur antarswitching yang saling terhubung (interkoneksi) dan instrumen yang saling dapat diterima/diproses di berbagai kanal pembayaran (interoperabilitas).

“GPN memungkinkan transaksi elektronik digunakan seluruh masyarakat Indonesia sehingga dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien,” ujarnya.

Bambang mengatakan, ada tiga sasaran dan manfaat utama dari GPN. Pertama, menciptakan ekosistem sistem pembayaran yang saling interkoneksi, interoperabilitas, dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi yang cukup otorisasi, kliring, dan setelmen secara domestik.

Kedua, meningkatkan perlindungan konsumen antara lain melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi.

Ketiga yaitu meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi sistem pembayaran nasional guna mendukung efektivitas transmisi kebijakan moneter, efisiensi intermediasi dan resiliensi sistem keuangan.

Menurut Bambang, kampanye GPN ini akan berupa kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN yang akan dilakukan secara serentak di 17 titik di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Maluku (Kota Ambon).

“Jadi kampanye akan digelar pada hari Minggu tanggal 29 Juli 2018 di lapangan Merdeka Ambon dilanjutkan dengan kegiatan penukaran kartu mulai dari tanggal 29 Juli sampai dengan tanggal 3 Agustus 2018,” ujarnya.

Kesempatan diberikan kepada masyarakat, lanjutnya, untuk menukarkan kartu ATM/Debet Bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN.

“Nanti setelah 3 Agustus 2018 masyarakat masih dapat menukarkan kartu ATM/Debet di kantor bank penerbit kartu masing-masing,” kata Bambang.

Berita Lainnya
Dinas PUPR Ambon Normalisasi Tiga Sungai AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon akan melakukan normalisasi sungai Waiheru, Wayame, dan Waetomu. "...
Diduga Terlibat Korupsi, Sekda Kabupaten Buru Ditahan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Buru AA alias Ahmad bersama bendahara rutin Setda LJA alias Joni ditahan Direskrimsus Polda Maluku...
Kapal Ikan Asal Bali Tenggelam di Perairan Arafura AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Kantor Badan SAR Nasional Ambon, Muslimin memastikan KM. Cahaya Rejeki 88, sebuah kapal penangkap ikan yang tenggelam d...
Menteri Budi Karya Sumadi Dukung Unpatti Buka Prodi Teknik Transportasi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung pembukaan program studi (prodi) baru yakni teknik transportasi kelaut...
Pemkot Ambon Gelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon siap menggelar kompetisi inovasi pelayanan publik bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD...
Kanal: Maluku