Loading...

BI Maluku Siapkan Rp844,541 miliar hadapi natal

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Maluku menyiapkan dana Rp844,541 Miliar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah ini menghadapi perayaan Natal 25 Desember 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Jumlah dana sebesar itu berdasarkan data yang kami rekap dari 22 bank di Ambon atau Maluku pada umumnya,”? kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku Bambang Pramasudi di Ambon, Kamis.

Dia mengatakan, dari total nilai uang sebesar itu, terhitung sampai dengan tanggal 18 Desember 2018 sudah didrop ke perbankan sebesar Rp364 miliar sesuai permintaan bank masing-masing.

Bambang juga mengatakan, khususnya 17 bank yang ada di Kota Ambon akan melayani penukaran dengan uang yang dicetak sempurna atau uang baru khususnya untuk pecahan Rp20.000 kebawah, Jadi Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000.

“Penukaran uang pecahan Rp20.000 kebawah juga diatur sesuai dengan jadwal yang sudah adadi bank-bank,” ujarnya.

Jadi dalam satu hari ada empat bank di Kota Ambon yang melayani penukaran uang yang dilakukan oleh masyarakat.

Karena itu, silahkan masyarakat yang mau melakukan penukaran uang menuju ke bank masing-masing sesuai jadwal yang diatur, ada 17 bank yang siap melayani yakni untuk hari Senin Bank Artha Graha, BTN, Cimb Niaga, Sinar Mas, hari Selasa yakni Bank Danamon, Mayora, Maumalat, hari Rabu yakni Bank BCA, BRI, Bank Maluku, Nobu, sedangkan hari Kamis Bank BNI, Mandiri, Maybank, Panin, dan untuk hari Jumat Bank Mandiri Syariah, Maya pada.

Bambang mengatakan, BI Maluku juga sudah himbau kepada bank-bank yang ada di Kota Ambon untuk memenuhi stoknya di ATM menghadapi hari H khusus Natal dan Tahun baru, sekaligus terus memantau isi dari ATM.

BI Maluku juga imbau, karena memang ini momen yang spesial maka tolong di ATM-ATM itu diisi dengan uang yang layak edar yang yang lusuh.

“Jadi inikan untuk kebahagiaan kita bersama apalagi yang merayakan Natal khuasusnya dan juga memasuki tahun baru 1 Januari 2019, sehingga perlu masyarakat menerima uang yang bagus atau yang baru,” katanya.

Dan memang, lanjutnya, dari hasil evaluasi ada beberapa bank yang sudah mulai memasukan uang cetak sempurna atau uang yang baru ke ATM.

Bambang menambahkan, bank-bank tetap melayani masyarakat, kecuali hari libur nasional yakni tanggal 24 dan 25 Desember, bahkan di tanggal 31 Desember masih ada beberapa bank yang buka untuk melayani masyarakat terutama pembayaran pajak, bahkan jam pelayanannya akan ditambahsupaya lebih optimal.

“Inilah bentuk pelayanan dari dunia perbankan kepada masyarakat mengoptimalkan setoran-setoran pajak,” ujarnya.

Berita Lainnya
Plh Gubernur Hamin Bin Thahir dorong Pemilu di Maluku Jurdil AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksana harian (Plh) Gubernur Maluku, Hamin Bin Thahir mendorong penyeleng...
KPU: Pemilih Pemilu di Maluku 1.269.781 orang AMBON, TAJUKTIMUR.COM - KPU Maluku telah melakukan proses perbaikan daftar pemilih tetap hasil perba...
Garuda turunkan harga tiket dari dan ke Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai Garuda Indonesia menetapkan mulai 1 April harga tiket pesawat Garud...
Nelayan dilaporkan hilang di Teluk Elpaputih AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Seorang nelayan yang diketahui bernama La Hama (60) dilaporkan hilang saat m...
Gubernur Maluku Pecat Lima ASN Korupsi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff telah melakukan pemecatan tidak dengan hormat...
Kanal: Maluku