Loading...

BMKG: Waspadai Hujan Guyur Maluku

AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir mengguyur sejumlah daerah di Maluku pada beberapa hari ke depan.

BMKG Stasiun Pattimura Ambon, Minggu mencatat, kondisi cuaca tersebut berpeluang terjadi di Kota Ambon, kabupaten Maluku Tengah maupun Buru, Seram Bagian Barat (SBB) serta maluku Tenggara Barat (MTB).

Apalagi, adanya awan gelap (Cumulonimbus) di lokasi tersebut dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang.

Angin dengan kecepatan lebih dari 30 KM per jam berpotensi terjadi di Kota Ambon serta kabupaten Maluku Tengah, Buru, Kepulauan Aru, MTB dan Maluku Barat Daya (MBD).

Kabupaten Kepulauan Aru, MTB dan MBD merupakan wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang berbatasan dengan Australia maupun Timor Leste.

Sedangkan, gelombang mencapai 4 meter berpeluang terjadi perairan Selatan Kepulauan Tanimbar, Kabupaten MTB dan Laut Arafura bagian barat.

Gelombang mencapai 2,5 meter berpeluang terjadi perairan Selatan Ambon, Laut Banda, perairan kepulauan Sermata hingga Babar, Kabupaten MTB, perairan Selatan kepulauan Kai hingga kepulauan Aru serta laut Arafuru bagian tengah dan timur.

Karena itu, para nelayan yang hendak menangkap ikan jangan memaksakan diri melaut dengan mengandalkan armada tradisional.

Armada tradisional tidak kuat menahan kondisi cuaca tersebut dengan sewaktu-waktu terjadi perubahan kecepatan angin sehingga mempengaruhi tinggi gelombang.

Imbauan kondisi cuaca telah disampaikan melalui masing-masing Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan kabupaten dan dua kota, termasuk para Bupati maupun Wali Kota.

Bila terjadi kondisi cuaca ekstrim, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan.

Berita Lainnya
BPOM Maluku Amankan 41.672 Produk Tidak Memenuhi Ketentuan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Maluku menemukan 41.672 produk obat, pangan dan kosmetik yang tidak memenuhi ketentuan (TMK), sehingga tida...
Polres: Pengungkapan kasus Narkoba di Ambon Melebihi Target AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pengungkapan kasus narkotika dan obat-obat terlarang yang dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease sejak Januari ...
Film Dokumenter asal Ambon Raih Penghargaan Youth Sineas Award 2018 AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Film Dokumenter Pendayung Terakhir karya anak muda Ambon dari komunitas film Obscura Alhazen yang disutradarai Ali B. Kilbaren, berhasil menyabet ...
Pendaftar CPNS di Kota Ambon Capai 1.739 Orang AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah kota (Pemkot) Ambon telah mencapai 1.739 orang. "Sampai hari ini jumla...
Bulog Maluku Dukung Gagasan Pusat Logistik Daerah AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Perum Bulog Maluku Arif Mandu mengatakan, pada prinsipnya pihaknya mendukung gagasan Menko Maritim untuk membangun pusat logistik di daerah...
Kanal: Maluku