Loading...

BMKG: Waspadai Terjadinya Hujan Lebat di Maluku

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon memperingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dengan kecepatan angin sesaat pada beberapa hari ke depan.

“Kondisi cuaca ini bepeluang terjadi di Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat (SBB),” kata Prakirawan Stasuin Meteorologi Pattimura Ambon, Marlia, Minggu.

Dia mengemukakan, peringatan ini juga berkaitan dengan tinggi gelombang di laut Maluku Bagian Utara berpeluang mencapai 2,5 meter.

Sedangkan, gelombang mencapai 1,25 meter berpeluang terjadi di perairan di laut Maluku bagian Utara, perairan Selatan pulau Buru hingga Pulau Seram, laut Banda, perairan Selatan Kepulauai Kei hingga kepulauan Aru, perairan Selatan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Babar, Perairan Selatan Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru.

“Kondisi cuaca sebagian besar berawan hingga hujan lokal,” ujar Marlia. Karena itu, para nelayan yang hendak menangkap ikan jangan memaksakan diri melaut dengan mengandalkan armada tradisional.

“Armada tradisional tidak kuat menahan kondisi cuaca tersebut dengan sewaktu-waktu terjadi perubahan kecepatan angin sehingga mempengaruhi tinggi gelombang,” kata Marlia.

Dia menambahkan, imbauan kondisi cuaca telah disampaikan melalui masing- masing Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan kabupaten dan dua kota, termasuk para Bupati maupun Wali Kota.

Bila terjadi kondisi cuaca ekstrem, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memrioritaskan keselamatan.

Berita Lainnya
‘MI’ Diberhentikan dari Jabatan Ketua Perindo Kota Tual TUAL, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kota Tual, MI, resmi diberhentikan dari jabatannya, setelah Polres Maluku Tenggara menetapkan dirinya se...
Diduga Melakukan Pencabulan, Polisi Tahan Ketua Perindo Kota Tual TUAL, TAJUKTIMUR.COM - Polres Maluku Tenggara (Malra) menahan MI, Ketua Perindo Kota Tual, atas dugaan melakukan pencabulan terhadap seorang anak di bawah umur. Setela...
Sejumlah Rumah di Kawasan Lupus Dirusak Massa TUAL, TAJUKTIMUR.COM - Sejumlah rumah di kawasan Lupus (pertengahan Desa Dullah Darat dan Desa Labetawi), Kecamatan Dullah Utara Kota Tual dirusak dan dibakar massa, Ming...
Saadiah Uluputty Akan Mendapatkan Penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Komisi D DPRD Maluku Saadiah Uluputty yang juga kader PKS bakal menerima Penghargaan Anugrah Pendidikan Indonesia (API) yang berlangsung di ...
Pertamina Siapkan Lima Lokasi BBM Satu Harga YOGYAKARTA, TAJUKTIMUR.COM PT Pertamina (Persero) menyiapkan lima lokasi penjualan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di Provinsi Maluku tahun 2018. "Tahun 2018 kita ...
Kanal: Maluku