Loading...

Daftar Tunggu Calon Haji Maluku Hingga Tahun 2025

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku mencatat daftar tunggu calon haji (Calhaj) yang akan berangkat ke tanah suci sampai delapan tahun ke depan atau tahun 2025.

“Prediksi kita delapan tahun ke depan itu atas pertimbangan dengan daftar tunggu masing-masing kabupaten dan kota yang berbeda-beda,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Fessal Musaad seusai acara lepas calon jamaah haji Maluku di Ambon, Kamis.

Jadi kalau kuota haji Maluku sekarang ini sebanyak 1.090 orang itu berarti daftar tunggu sekarang ini kurang lebih 8.000 orang, bahkan lebih sebab setiap hari ada saja warga muslim yang datang untuk mendaftarkan diri.

“Yang jelas sekarang ini kita sudah berhasil menurunkan daftar tunggu yang semula 23 tahun menjadi delapan tahun,” ujarnya.

Memang semua kabupaten dan kota di Maluku setiap tahun terjadi kenaikan daftar tunggu, lanjutnya, seperti misalnya untuk Kota Ambon daftar tunggu sekarang ini 10 tahun dan kabupaten yang lain juga ada yang empat hingga lima tahun.

Dia mengatakan, sepanjang ada kenaikan kuota secara nasional, kita pasti perjuangkan penambahan untuk Maluku.

“Untuk sekarang ini kita syukuri dulu dengan yang ada ini sebanyak 1.090 yang naik pada tahun 2016 dari 689 orang,” katanya.

Jadi kalau ada penambahan kuota nasional cukup besar maka saya akan tetap menghadap Menteri Agama untuk Maluku juga dinaikkan kuotanya.

“Cukup bagus kalau dilihat daftar tunggu masyarakat muslim yang ada di Maluku yang mau berhaji jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang bisa mencapai 15 sampai?20 tahun kedepan,” katanya.

Masyarakat muslim di Maluku tidak menunggu waktu keberangkatan yang terlalu lama, lanjutnya, apalagi kalau ke depan nanti ada penambahan kuota lagi berhubungan dengan Maluku sudah ditetapkan sebagai embarkasi antara yang diperkirakan tahun 2019 sudah bisa terealisasi.

Pelepasan jamaah calon haji Maluku tahun 2018 yang dilepas oleh Sekda Hamin Bin Thaher mewakili Gubernur Maluku Said Assagaff tercatat sebanyak 1.071 orang tergabung dalam tiga kelompok penerbangan (Kloter) yakni Kloter 10, 11 dan 12, dan akan berangkat menuju embarkasi Makassar pada tanggal 21 Juli 2018 dengan jasa penerbangan Garuda Indonesia, dan selanjutnya kan berangkat ke tanah suci sesuai jadwal pada tanggal 23 Juli 2018

Berita Lainnya
TPID Maluku Satukan Langkah Hadapi Natal AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku mencatat, Tim pengenda...
BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Laut Maluku AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon ...
Tour de Ambon Manise jadi Pengembangan Wisata AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan yang menjadi ...
Pemprov Maluku Luncurkan Program ‘Dewi Bulan’ AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Maluku bersama Pemerintah Kota Ambon meluncurkan program...
PKK Provinsi Maluku Canangkan Gerakan Perempuan Tanam Pohon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) provinsi M...
Kanal: Maluku