Loading...

Dipolisikan Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD Maluku: Rekayasa!

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Laporan dugaan pencemaran nama baik yang ditudingkan Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae terhadap wakil ketua DPRD Richard Rahakbauw ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Maluku dinilai sarat rekayasa.

“Laporan yang dilayangkan penuh rekayasa dan tidak berdasar pada fakta-fakta hukum sesungguhnya,” kata tim kuasa hukum Richard, Fachri Bahmid di Ambon.

Karena tidak berdasar, maka tim kuasa hukum Richard secara cermat mempertimbangkan beberapa opsi hukum untuk membuat laporan balik atas diri yang bersangkutan dengan sangkaan pasal pelaporan palsu.

Menurut Fachri, laporan Edwin Huwae ke SPKT Polda Maluku ada dua yaitu dugaan tindak pidana pencemaran nama baik sebagaimana diatur dalam pasal 320 juncto 311 juncto pasal 335 KUH Pidana tentang perbuatan tidak menyenangkan.

Kedua adalah laporan berkaitan dugaan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam pasal 8 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang korupsi juncto pasal 114 KUH Pidana.

“Untuk meihat kedua laporan dimaksud, kami dari tim kuasa hukum melihat ini adalah hal yang biasa-biasa saja karena berkaitan dengan momen pilkada dan segala sesuatu harus berujung dengan tindakan pelaporan,” ujar Fachri.

Terlepas dari substansi itu adalah sesuatu yang dibuat-buat atau mengada-ada, tetapi sebagai warga negara Indonesia yang baik pihaknya menganggap langkah ini merupakan sesuatu yang dihargai.

“Kami siap menghadapi segala tindakan yang ditempuh ketua DPRD Maluku dan tidak masalah karena kami memandang laporan ini adalah hak konstitusional,” katanya.

Berita Lainnya
Plh Gubernur Hamin Bin Thahir dorong Pemilu di Maluku Jurdil AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksana harian (Plh) Gubernur Maluku, Hamin Bin Thahir mendorong penyeleng...
KPU: Pemilih Pemilu di Maluku 1.269.781 orang AMBON, TAJUKTIMUR.COM - KPU Maluku telah melakukan proses perbaikan daftar pemilih tetap hasil perba...
Garuda turunkan harga tiket dari dan ke Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai Garuda Indonesia menetapkan mulai 1 April harga tiket pesawat Garud...
Nelayan dilaporkan hilang di Teluk Elpaputih AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Seorang nelayan yang diketahui bernama La Hama (60) dilaporkan hilang saat m...
Gubernur Maluku Pecat Lima ASN Korupsi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff telah melakukan pemecatan tidak dengan hormat...
Kanal: Maluku