Loading...

Disperindag: Ekspor Langsung dari Ambon Telah Berjalan Kembali

AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku mencatat sejak bulan Maret 2018, ekspor secara langsung dari Ambon ke berbagai negara sudah berjalan kembali.

“Selama bulan Maret sampai dengan tanggal 3 Juni 2018, kegiatan ekspor yang dilakukan langsung dari Ambon di antaranya ke Jepang, Amarika Serikat, Vietnam, Singapura dan Australia dan tercatat sebanyak 76 kali dengan nilai ekspor sebesar 4,48 juta dolar Amerika Serikat,” kata Kadis Perindag Provinsi Maluku Elvis Patiselanno di Ambon, Minggu.

Hal itu, kata dia, sangat mengembirakan, sebab selama lima tahun terakhir tidak ada kegiatan ekspor sama sekali dari Maluku khususnya dari Ambon.

“Kembalinya kegiatan ekspor langsung dari Ambon ini juga diprakarsai oleh Gubernur Maluku Said Assagaff dengan mengumpulkan seluruh kepala dinas dan staf di Maluku guna memmbahas bagaimana kegiatan ekspor bisa kembali langsung dari Maluku seperti tahun-tahun yang lalu,” ujarnya.

Dalam pertemuan awal pada tanggal 9 Januari 2018, Dinas Perindag dan Dinas Perikanan diminta untuk memprakarsai pertemuan-pertemuan selanjutnya guna membicarakan rencana tersebut kapan akan dimulai.

Elvis Patiselanno mengatakan setelah pertemuan pada tanggal 9 Januari 2018, pihaknya bersama instansi terkait lainnya melakukan pertemuan lagi selama dua kali yang difasilitasi oleh Bea dan Cukai, dan berikutnya PT Pelindo menghasilkan kesepakatan dengan melakukan penandatangan kesepakatan bersama pelayanan ekspor 247.

“247 artinya apa, 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu, jadi tanpa libur,” katanya.

Jam berapapun pengusaha mau melakukan ekspor kami instansi yang berhubungan dengan dokumen ekspor tetap melayani.

Dia menjelaskan, di sana ada Disperindag Maluku, Kantor Bea dan Cukai, Karantina, Garuda, Angkasa Pura di Bandara Pattimura dan Pelindo di Pelabuhan Ambon, di samping teman-teman dari Dinas Perikanan dan Perhubungan, atau semua yang melakukan penandatanganan kerja sama kesepakatan 247 itu siap melayani.

“Hasil dari penandatanganan kesepakatan bersama 247 pada tanggal 12 Februari 2018, dan dalam jangka waktu tiga bulan ekspor sudah bisa dilakukan dari Ambon sekarang ini, dan diharapkan akan terus berlangsung,” ujarnya.

Berita Lainnya
Pangdam Tinjau Kesiapan Pilkada Tual dan Malra TUAL, TAJUKTIMUR.COM —- Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) selama dua hari (21-22 Juni...
Penumpang di Pelabuhan Ambon naik 40 Persen AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Ambon mendata jumlah penumpang mudik dan balik selama Idul Fitri ...
Brigjen Pol Ahmad Wiyagus Dilantik Sebagai Wakapolda Maluku yang Baru AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto melantik Brigjen Pol Ahmad Wiyagus sebagai Wakapolda yang baru menggantikan posi...
Disparbud Kota Ambon Gelar Festival Band Bocah AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kembali menggelar Festival Band Bocah yang...
ASN Ambon Diminta Gunakan Hak Pilih AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menegaskan aparatur sipil negara (ASN) Ambon harus menjadi contoh yang baik dalam menyal...
Kanal: Maluku