Loading...

DKP Kota Tual Gelar Bazaar Ikan Murah

TUAL (TAJUK TIMUR.COM) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tual pada Rabu menggelar bazaar ikan dengan harga jauh di bawah pasar bagi masyarakat di daerah itu.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Tempat Pemasaran Ikan (P2TPI), Muhammad Faqih Nashuha Roemaf menyatakan, melihat lonjakan cukup tinggi pada harga ikan di pasar, maka DKP Kota Tual menggelar kegiatan tersebut untuk meringankan beban masyarakat, khususnya yang berpenghasilan rendah, saat menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Bazaar ikan murah dilaksanakan setiap tahun oleh Pemkot Tual, dan ini yang ketiga kalinya,” katanya.

Ia menjelaskan teknis pelaksanaan bazaar ikan murah itu yakni sehari sebelum pelaksanaan DKP Kota Tual membagikan 300 kupon bagi masyarakat. Kupon itu digunakan untuk membeli ikan di tempat pelaksanaan bazaar yang disediakan, masing-masing di perempatan PPN Dumar dan di sekitar lokasi Jembatan Usdek Kota Tual.

Di lokasi bazaar, ikan dijual seharga Rp.5.000-Rp.7.000 per tumpuk, jauh di bawah harga pasar yang beberapa hari terakhir ini mencapai Rp25.000 per tumpuk.

“Masyarakat yang tidak mendapatkan kupon juga bisa membeli dengan harga yang sama,” Faqih Nashuba.

Menurut dia, stok ikan yang disediakan di bazaar mencapai 1 ton dengan jenis berbeda-beda. Ikan-ikan itu dipasok oleh Koperasi Cakalang Indah, yang membeli langsung dari nelayan di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

“Kami bekerja sama dengan Koperasi Cakalang Indah milik Upang Borut, yang selama ini membeli hasil nelayan Tual dan Malra,” katanya.

Faqih Nashuba menambahkan, bazaar ikan murah merupakan kepedulian DKP Kota Tual yang ingin berbagi kasih dengan masyarakat di daerah itu pada bulan suci Ramadhan.

Ia menegaskan pula bahwa kualitas ikan yang dijual di bazaar itu tidak perlu dirugakan, karena higienis dan masih segar.

Pantauan Antara, bazaar ikan murah di dua lokasi itu dibuka pagi sekira pukul 9.00 WIT, dan langsung diserbu masyarakat.

(ant/ttcom)

Berita Lainnya
Iriana Jokowi diagendakan Kunjungi Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo diagendakan mengunjungi Ambon, ibu kota Provi...
Ambon siap menuju Jaringan Kota Kreatif Dunia AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kota Ambon menyiapkan berbagai infrastruktur dan dokumen pendukung menuju ja...
DP3AMD Ambon target salurkan Dana Desa awal Maret 2019 AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Masyarakat dan Desa (DP3AMD) ...
Berita Penangkapan Teroris di Maluku Hoaks AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Humas Polda Maluku menyatakan pemberitaan sebuah media daring tentang penang...
Wali Kota Ambon minta Media Kedepankan Fakta AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy meminta media untuk mengedepankan fakt...
Kanal: Maluku