Loading...

DPRD: Kematian Suku Mausu Ane Akibat Kelaparan Perlu Diteliti

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Kasus kematian tiga warga suku terasing Mausu Ane yang masuk dalam Komunitas Adat Terpencil di pedalaman hutan Seram pegunungan Morkele, Kabupaten Maluku Tengah karena diduga mengalami kelaparan atau busung lapar perlu diteliti secara serius.

“Masyarakat suku terasing itu cukup kuat dan hidup alami jadi kalau dibilang meninggal dunia karena faktor kelaparan perlu diteliti oleh pemerintah daerah bersama instansi terkait,” kata anggota DPRD Maluku, Ridwan Elyss di Ambon, Selasa.

Yang harus diteliti adalah kemungkinan lain yang bisa saja menjadi penyebab seorang lansia dan dua orang balita di dusun Maneo ini meninggal dunia.

“Ini hanya dugaan yang perlu ditindaklanjuti dengan melakukan penelitian secara mendalam, sebab masyarakat suku terasing baik di pulau Seram atau pun Pulau Buru biasanya memiliki ketahanan fisik yang alami,” ujarnya.

Ridwan juga mengapresiasi langkah aparat TNI-AD yang sudah terlebih dahulu tiba di daerah rawan pangan tersebut untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Sama halnya dengan Kepolisian Daerah Maluku yang sementara mengangkut berbagai jenis bantuan makanan dan obat-obatan untuk menuju lokasi tersebut guna dilakukan penyaluran.

Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Ed Latukarlutu mengatakan laporan tiga orang masyarakat suku terasing di Dusun Maneo yang meninggal dunia akibat kelaparan memang sudah disampaikan kepada pemerintah daerah dan sementara dikoordinasikan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Masyarakat komunitas adat terpencil ini beberapa tahun lalu juga pernah turun gunung akibat terjadi kebakaran hutan hebat yang melanda kawasan hutang lindung Manusela dan sekitarnya, termasuk tempat mereka berteduh selama ini.

Berita Lainnya
Dinas PUPR Ambon Normalisasi Tiga Sungai AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon akan melakukan normalisasi sungai Waiheru, Wayame, dan Waetomu. "...
Diduga Terlibat Korupsi, Sekda Kabupaten Buru Ditahan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Buru AA alias Ahmad bersama bendahara rutin Setda LJA alias Joni ditahan Direskrimsus Polda Maluku...
Kapal Ikan Asal Bali Tenggelam di Perairan Arafura AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Kantor Badan SAR Nasional Ambon, Muslimin memastikan KM. Cahaya Rejeki 88, sebuah kapal penangkap ikan yang tenggelam d...
Menteri Budi Karya Sumadi Dukung Unpatti Buka Prodi Teknik Transportasi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung pembukaan program studi (prodi) baru yakni teknik transportasi kelaut...
Pemkot Ambon Gelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon siap menggelar kompetisi inovasi pelayanan publik bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD...
Kanal: Maluku