Loading...

Dua PAW Anggota DPRD Maluku Segera Dilantik

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Dua dari lima anggota pengganti antarwaktu (PAW) DPRD Provinsi Maluku sisa periode 2014-2019 segera dilantik pada tanggal 15 Oktober 2018 mendatang karena telah mendapatkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri.

“Baru dua orang dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia yang SK PAW sudah diterbitkan Mendagri untuk dilantik tanggal 15 Oktober 2018 nanti,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD Maluku Boldewyn Wattimena, kemarin.

Kedua calon anggota DPRD PAW ini adalah Maria Ngamelubun yang menggantikan Agnes Renyut dari Daerah Pemilihan Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Kemudian Holy Soenpit (PKPI) akan dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Maluku pengganti antarwaktu menggantikan Usama Namakule dari Daerah Pemilihan Kabupaten Maluku Tengah.

Menurut Boldewyn, ada lima anggota DPRD provinsi periode 2014-2019 yang telah menerima SK pemberhentian sebagai anggota legislatif setelah mereka ditetapkan dalam DPT Pemilu Legislatif 2019 oleh KPU melalui partai politik lain.

Selain Agnes Renyut dan Usama Namakule dari PKPI, ada tiga anggota DPRD lainnya yang telah mendapatkan SK pemberhentian adalah Ayu Hindun Hasanussi (Partai Hanura), Rasyid Kotalima (Partai Hanura), serta Raad Rumford (Partai Gerindra).

“Lima orang ini sudah ada SK pemberhentiannya, tetapi bersamaan dengan itu ada dua orang yang usulan PAW dari PKPI sudah disetujui karena mereka mengusulkan itu jauh sebelum muncul polemik pengunduran diri,” ujarnya lagi.

Karena itu, surat PAW dari Kemendagri sudah keluar dan tanggal 15 Oktober 2018 dilantik PAW yang menggantikan Agnes Renyut dan Usama Namakule.

“Sedangkan tiga anggota DPRD lainnya, partai mereka baru memasukkan usulan calon PAW dan sementara diusulkan ke gubernur untuk diteruskan ke Kemendagri,” kata Boldewyn.

Posisi Ayu Hindun Hasanussy (Hanura) dari Dapil Kota Ambon akan digantikan oleh Joseph Tingkery, Raad Rumford (Gerindra) digantikan Konstantius Kolatfeka dari Dapil Seram Bagian Timur, dan Christian Leihitu (Partai Hanura) menggantikan Rasyid Kotalima.

“Bila usulan tiga anggota yang lain sudah ada SK PAW dari Mendagri, maka DPRD segera akan melakukan agenda pelantikan juga,” pungkasnya.

Berita Lainnya
Plh Gubernur Hamin Bin Thahir dorong Pemilu di Maluku Jurdil AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pelaksana harian (Plh) Gubernur Maluku, Hamin Bin Thahir mendorong penyeleng...
KPU: Pemilih Pemilu di Maluku 1.269.781 orang AMBON, TAJUKTIMUR.COM - KPU Maluku telah melakukan proses perbaikan daftar pemilih tetap hasil perba...
Garuda turunkan harga tiket dari dan ke Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Maskapai Garuda Indonesia menetapkan mulai 1 April harga tiket pesawat Garud...
Nelayan dilaporkan hilang di Teluk Elpaputih AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Seorang nelayan yang diketahui bernama La Hama (60) dilaporkan hilang saat m...
Gubernur Maluku Pecat Lima ASN Korupsi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff telah melakukan pemecatan tidak dengan hormat...
Kanal: Maluku