Loading...

Harga Ikan Cakalang Segar di Ambon Mahal

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Harga ikan cakalang segar di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku masih terbilang cukup mahal.

Hasil pantauan di lokasi pasar ikan Arumbai, kawasan pasar Mardika, Sabtu, terlihat para pedagang ikan segar masih mempertahankan harga ikan cakalang segar. Hal ini disebabkan persediaan menipis, arus pasok dari desa-desa nelayan agak berkurang, bahkan terkesan para istri nelayan sendiri yang berjualan hasil tangkapan para nelayan.

Ikan cakalang yang ukurannya mencapai satu kilogram dipatok harga Rp40.000 hingga Rp50.000/ekor, kemudian yang ukuran besar buisa mencapai dua kilogram di patok harga berkisar antara Rp70.000 hingga Rp80.000/ekor.

“Harga ikan cakalang segar masih mahal, banyak warga kota yang beralih ke jenis ikan momar dan kawalinya yang agak murah,” kata Abu pedagang ikan cakalang segar.

Dia juga mengakui kalau sampai sekarang ini patokan harga ikan di pasar Ambon masih ditentukan lewat ukuran besar dan kecilnya ikan belum menggunakan kiloan.

“Patokan harga ini sama dengan ikan momar dan kawalinya maupun jenis ikan lainnya masih dalam bentuk ukuran ikan,” ujarnya.

Harga ikan sembung jenis momar dan kawalinya yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar ikan Arumbay, maupun di pasar ikan Batumerah masih terbilang murah.

Abu menjelaskan, harga ikan momar Rp10.000/tumpuk (13 hingga 15 ekor ikan ) ukurannya agak kecil, kalau ukuran agak besar Rp20.000/tujuh ekor, kondisi ini masih terus berlangsung sejak awal bulan Agustus, sama dengan ikan kawalinya yang biasanya dijual Rp20.000/tumpuk (enam hingga tujuh ekor ikan).

“Jadi terserah, abang mau membeli ikan jenis apa? Momar atau kawalinya tinggal memilih,” katanya.

Kami menerima informasi dari para nelayan panen ikan momar dan kawalinya sudah mulai berkurang, kemungkinan minggu depan harga ikan momar maupun kawalinya sudah mulai terjadi perubahan naik.

Hasil pantauan di lokasi penjualan telur ayam ras, para pedagang masih mempertahankan harga telur juga bervariasi Rp1.500 hingga Rp1.600/butir, telur ayam kampung Rp2.500 hingga Rp3.000/butir.

Daging ayam beku yang selama ini didatangkan dari Surabaya Rp43.000/Kg, daging ayam broiler segar hasil peternak lokal juga bervariasi Rp55.000 hingga Rp65.000/ekor tergantung ukuran, daging sapi segar masih tetap normal yakni Rp100.000/Kg.

Berita Lainnya
Pemkot Tual Salurkan Bantuan Pemberdayaan Masyarakat TUAL, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Tual melalui Dinas Pemberdayaan Masyarat Desa, Dinas Koperasi...
Pemerintah Sosialisasi Rencana Perubahan Nama Kabupaten MTB SAUMLAKI, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dala...
Tekan Harga Kebutuhan Pokok, Pemkot Ambon Gelar Pasar Murah AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kegiatan pasar murah yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon merupakan u...
P2TP2A Tangani 51 kasus Kekerasan terhadap Perempuan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Ambon telah men...
BPJS Tenagakerjaan beri Penghargaan untuk Pemkot Tual TUAL, TAJUKTIMUR.COM - BPJS Ketenagakerjaan memberi penghargaan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Tual ...
Kanal: Maluku