Loading...

Harga Kopra di Ambon Terus Bergerak Turun

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Harga kopra yang ditawarkan para pembeli kepada perajin di daerah ini terus bergerak turun semakin tajam jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Hasil pantauan di lokasi transaksi hasil perkebunan Maluku baik di lokasi pasar Mardika maupun di jalan Rijoly, Kelurahan Batu gajah, pembeli mematok harga kopra Rp3.400/Kg, atau turun drastis dari harga sebelumnya Rp4.200/Kg.

Sedangkan harga komoditi lain seperti cengkih sedikit bergerak naik dari Rp86.000 menjadi Rp87.000/Kg, biji pala bundar? masih tetap bertahan Rp64.000/Kg, kecuali fuli (pembungkus biji pala)yang harganya terus melambung tinggi mencapai Rp165.000 jika dibanding minggu sebelumnya yang hanya Rp145.000/Kg, coklat di patok Rp26.000/Kg, sedikit bergerak naik dari sebelumnya Rp23.000.

Evi pembeli di lokasi transaksi di jalan Riyoly mengatakan, turunnya harga kopra ini sudah beberapa hari yang lalu membuat transaksi penjualan semakin sepi, banyak petani yang enggan untuk menjual kopra, mereka lebih memilih menjual buah kelapa langsung ke pasar lebih menguntungkan.

“Apalagi buah kepala tua di pasar harganya bervariasi mulai dari Rp4.000 sampai dengan Rp6.000/buah tergantung ukuran,” ujarnya.

Dilansir Antara, Ia mengaku tidak bisa berbuat banyak, sebab patokan harga yang kami terapkan di Ambon sesuai hasil pemantauan harga di pasar utama Surabaya, sebab hasil pembelian di Ambon dijual lagi ke Surabaya.

“Kalau sampai terjadi perubahan harga di Surabaya sudah pasti di Ambon juga berpengaruh,” ujarnya lagi.

Biasanya yang selalu terjadi fluktuasi harga, lanjutnya, yakni cengkih, pala bundar, dan kopra.

“Apalagi kopra selalu saja terjadi fluktuasi harga sejak beberapa bulan belakangan ini,dan untuk sekarang ini yang turun cukup tajam,” katanya.

Sudah beberapa hari belakangan ini belum ada petani atau perajin yang datang menjual kopra, mungkin saja mereka masih disibukan dengan musim panen cerngkih yang sekarang ini di beberapa daerah di Maluku.

“Padahal biasanya kalau musim panen cengkih harganya biasa turun, namun sampai sekarang ini harga cengkih masih bagus, malahan naik dari Rp86.000 menjadi Rp87.000/Kg,” ungkapnya.

Berita Lainnya
BPOM Maluku Minta Pengusaha Penuhi Standar Kebersihan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku meminta pelaku usaha untuk m...
Harga Barang Meroket, Ini Komentar BI Maluku AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pedagang di Pasar Tradisional Kota Ambon, diminta tidak menaikan harga terla...
Bupati Malra dukung Kebijakan Bakar Kapal Ikan Ilegal LANGGUR, TAJUKTIMUR.COM - Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun menyatakan pihaknya setuj...
Wali Kota Ambon: Perhargaan Apresiasi Pemerintah Pusat kepada Daerah AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan penghargaan yang diraih dae...
Kapolda Maluku Bentuk Tim Asistensi Operasi Mercuri AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa membentuk tim asisten operasi mercuri ...
Kanal: Maluku