Loading...

Investasi Air Bersih Ambon-Belanda mulai 2019

AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Kerjasama investasi penyediaan air bersih Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dengan Pemerintah Belanda akan dimulai tahun 2019.

“Kerja sama Ambon – Belanda melibatkan Perusahaan Engeldot yang bergerak di bidang penyediaan air bersih, sesuai rencana akan dimulai 2019,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kota Ambon, Enrico Matitaputty, Rabu.

Ia mengatakan, tim akan datang ke Ambon akhir Juli 2018, untuk melihat kawasan yang akan dilakukan pemasangan jaringan pipa sambungan rumah seperti layanan PDAM maupun DSA.

Pihaknya juga akan membentuk tim karena tim dari perusahaan Engeldot Belanda tidak ingin kerjasama ini ditangani pihak konsultan, tetapi oleh tim PUPR.

“Jaringan air bersih yang akan dipasang bukan air isi ulang, tetapi jaringan pipa yang dirakit beserta kelengkapan lainnya didalam kontainer, guna memproduksi air bersih melalui pipa sambungan rumah yang dapat langsung diminum warga,” ujarnya.

Enrico menjelaskan, tiga unit mesin kontainer yang akan didatangkan dapat melayani 800 hingga 1.000 KK.

Tahap awal layanan air bersih akan difokuskan di kawasan Seilale Latuhalat, sedangkan dua kawasan lainya dikota Ambon? sementara dikaji.

“Untuk kawasan Mercusuar Latuhalat, sistemnya akan dicampur dengan air laut, karena cara kerja kontainer air bersih menggunakan air bawah tanah, sungai dan air laut,” katanya.

Kerja sama penyediaan air bersih merupakan tindaklanjut penandatangan nota kesepahaman dengan Pemerintah Kerajaan Belanda, melalui kerjasama antar pemerintah (G2G), terkait bisnis dan investasi sektor energi terbarukan dan pengelolaan sumber daya air.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dengan Wakil Gubernur Gelderland di provinsi Huise Belanda, Awal Juli 2018 di Belanda.

Kerja sama antar pemerintah yang dilakukan terkait bisnis dan investasi dalam konteks “public to private committion” atau komitmen publik ke pribadi khususnya di sektor energi terbarukan dan pengelolaan sumber daya air.

Berita Lainnya
BPBD: Belum Ada Laporan Dampak Gempa Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku menyatakan, belum ada laporan dampak gempa tektonik 3,4 Skala Richter (SR) yang menguncang kota ...
Kapolda Pastikan Gunung Botak Bersih dari Aktivitas Penambangan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa memastikan Gunung Botak, Kabupaten Buru akan bersih dari aktivitas penambangan, dengan melakukan penyisiran ...
BPOM Maluku Amankan 41.672 Produk Tidak Memenuhi Ketentuan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Maluku menemukan 41.672 produk obat, pangan dan kosmetik yang tidak memenuhi ketentuan (TMK), sehingga tida...
Polres: Pengungkapan kasus Narkoba di Ambon Melebihi Target AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pengungkapan kasus narkotika dan obat-obat terlarang yang dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease sejak Januari ...
Film Dokumenter asal Ambon Raih Penghargaan Youth Sineas Award 2018 AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Film Dokumenter Pendayung Terakhir karya anak muda Ambon dari komunitas film Obscura Alhazen yang disutradarai Ali B. Kilbaren, berhasil menyabet ...
Kanal: Maluku