Loading...

Jelang Penetapan Paslon Pilkada, Wakapolda Kunjungi KPU Maluku

AMBON (TAJUKTIMUR.COM) – Wakapolda Maluku Brigjen Polisi Hasanuddin melakukan kunjungan silaturahmi kepada ketua dan komisioner KPU provinsi sekaligus mengkoordinasikan proses pentahapan pemilihan gubernur dan wagub, pemilihan walikota dan wawali Tual, serta bupati dan wabub Maluku Tenggara.

“Dari sisi keamanan, kita hanya menyiapkan fasilitas personel dan tentunya personel dengan kendaraan tetapi fasilitas lainnya tidak, kemudian akan dilakukan penempatan pasukan sekitar satu peleton di Kantor KPU maupun Bawaslu,” kata Wakapolda di Ambon,  kemarin.

Untuk masalah potensi kerawanannya berdasarkan hasil analisa indeks kerawanan pemilihan yang sudah dikeluarkan oleh Mabes Polri bahwa kerawanan untuk pemilihan gubernur dan wagub Maluku ada di urutan kelima.

Sedangkan tingkat kerawanan khusus untuk pemilihan Wali Kota dan Wawali Tual masuk rangking satu dari Bawaslu.

“Kami juga akan menyiapkan anggota Polri untuk melakukan pengamanan terhadap setiap pasangan calon kepala daerah dan mereka sudah disapkan serta latih, tetapi harus diingat kalau polisi itu netral termasuk nanti yang melekat lansung dengan masing-masing pasangan calon dan keluarganya,” tandas Wakapolda.

Ketua KPU Maluku, Syamsul Kubangun menjelaskan, pengumuman penetapan nama calon dijadwalkan berlangsung tanggal 12 Februari 2018 dan tidak ada kewajiban kandidat untuk menghadirinya.

“Jadu KPU memastikan hanya mengundang tim pemenangan satu atau dua orang untuk hadir, karena kami hanya mengumumkan proses pemenuhan syarat yang sudah disampaikan kepada KPU, termasuk perbaikan persyaratan yang sudah disampaikan pasangan calon perseorangan atau independen akan diumumkan sekaligus,” ujar Syamsul.

Yang diwajibkan kepada pasangan calon untuk hadir adalah tanggal 13 Februari untuk pengundian nomor urut yang disampaikan dalam rapat pleno terbuka KPU.

Mereka yang akan hadir dalam pengundian nomor urut adalah setiap pasangan calon, tim kampanye, pimpinan parpol pengusung, bawaslu provinsi, media masa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat.

Dikatakan, kalau pasangan calon tidak hadir bisa membuat surat kuasa atau mandat kepada timnya, dan lokasi pengundian pasangan calon akan berlangsung di Swis Bell Hotel Ambon.

Untuk masalah tingkat kerawanan, KPU dalam melaksanakan tugas selalu berdasarkan peraturan perundang-undangan dan potensi tingkat kerawanan yang sudah disampaikan Polda, bagi KPU adalah proses ini sudah dilaksanakan sejak awal sampai sekarang memasuki penetapan pasangan calon.

Bila memang ada masalah di tingkat PPS misalnya, maka haruslah diselesaikan dan tidak boleh diteruskan ke PPK atau kabupaten/kota hingga provinsi.

Setelah penetapan pasangan calon dan nomor urut, awal masa kampanye dimulai tanggal 15 Februari sekitar 130 hari karena berakhir tanggal 23 Juni 2018.

Hari ini KPU juga menyelenggarakan sosiaisasi kampanye dan dana kampanye kepada pimpinan parpol, tim penghubung, pimpinan redaksi yang akan menyampaikan hal-hal berkaitan dengan proses kampanye.

“Kami juga akan melakukan rapat dengan tim penghubung untuk membahas penjadwalan kampanye setelah penetapan, karena ada metofe-metode yang baru sedangkan rapat umum atau kampanye terbuka dilaksanakan dua kali untuk pilgub, sementara bupati/walikota hanya satu kali nanti diatur jadwalnya, termasuk mengatur SK pembatasan dana kampanye oleh masing-masing pasangan calon,” jelas Syamsul.

Pada tanggal 18 Februari KPU akan melaksanakan deklarasi pemilihan siap kalah siap menang atau aman dan damai serentak di 171 daerah yang melaksankan pemilihan.

Khusus di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara akan dilaksanakan pada sore hari karena bertepatan dengan ibadah minggu, jadi akan dibicarakan modelnya seperti apa tetapi tidak ada arak-arakan.

(as)

Berita Lainnya
Dinkes Maluku: Tiga kasus DBD belum terkategori KLB AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Maluku, Meikyal Pontoh, menyatakan, tiga k...
BMKG: waspadai gelombang tinggi di laut Maluku AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon ...
Kota Ambon Kembali Raih Adipura AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kota Ambon kembali menerima penghargaan Adipura kategori kota sedang dari Ke...
Perahu Cepat Milik Pemkot Tual Terbakar TUAL, TAJUKTIMUR.COM - Satu unit perahu cepat yang biasanya disebut speed boat milik Dinas Perhubung...
Menteri Basuki: Pembangunan Infrastruktur MTB akan Ditingkatkan SAUMLAKI, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadim...
Kanal: Maluku Pilkada