Loading...

Kapolda Pelopori Hari Tanpa Kendaraan Bermotor ke Kantor

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa bersama Wakapolda Brigjen Pol Akhmad Wiyagus mempelopori program sehari tanpa kendaraan bermotor dengan mengayuh sepeda dari kediamannya di Tantui, Kecamatan Sirimau (Kota Ambon) menuju kantor Mapolda di kawasan Batumeja.

“Setiap hari Selasa nantinya jajaran Polda Maluku masuk kantor tidak menggunakan kendaraan bermotor, dan mereka hanya diperbolehkan naik angkutan umum, sepeda, bahkan berjalan kaki,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Selasa.

Jarak yang ditempuh Kapolda bersama rombongan sekitar 3,8 kilo meter dari pukul 06.30 WIT ini melintasi kawasan jalan Jenderal Sudirman yang menanjak dan menurun hingga masuk jalan Rijali dan akhirnya masuk ke Markas Polda Maluku.

Menurut Kabid Humas, program ini telah direncanakan saat Irjen Pol Royke Lumowa resmi dilantik Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian beberapa waktu lalu sebagai Kapolda Maluku.

“Program ini diharapkan dapat mengatasi masalah kemacetan dan mengurangi polusi udara serta meningkatkan kesehatan tubuh,” ujarnya.

Penetapan hari Selasa resmi dicanangkan setelah Kapolda bersama Wakapolda mengayuh sepeda dari kediamannya serta diikuti Irwasda Kombes Pol Purwolelono dan sejumlah pejabat utama polda.

Aksi bersepeda menggunakan seragam dinas lengkap itu menjadi sesuatu hal yang langka dan baru pertama kali terjadi di Maluku sehingga sempat menarik perhatian warga di Kota Ambon, khususnya sepanjang jalan yang dilintasi rombongan Kapolda Maluku.

“Jadi nantinya setiap hari Selasa kami tidak akan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat ke kantor,” jelas Kabid Humas.

Kapolda juga meminta jajarannya maupun seluruh lapisan masyarakat untuk tidak malu ke kantor tanpa menggunakan kendaraan dinas maupun pribadi.

“Kalau rumahnya dekat dengan kantor bisa berjalan kaki atau naik sepeda maupun becak dan kalau bagi mereka yang rumahnya jauh bisa menggunakan jasa angkutan umum,” katanya.

Program sehari tanpa kendaraan bermotor ini diharapkan dapat memotivasi seluruh elemen masyarakat sehingga terciptanya transportasi sehat merakyat.

“Selain dapat mengatasi kemacetan, program ini juga bagian dari cara hidup sehat, dimana polusi udara yang dihasilkan dari knalpot kendaraan berkurang, dan mengayuh sepeda atau berjalan kaki merupakan bagian dari olahraga,” tandas Kabid Humas.

Kapolda Maluku dan rombongan selain masuk kantor menggunakan sepeda pada pagi hari, selanjutnya mengjungui Kantor KPU Maluku pada pukul 14.00 WIT untuk bersilaturahim dengan para komisioner KPU setempat.

Berita Lainnya
Polres: Pengungkapan kasus Narkoba di Ambon Melebihi Target AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pengungkapan kasus narkotika dan obat-obat terlarang yang dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease sejak Januari ...
Film Dokumenter asal Ambon Raih Penghargaan Youth Sineas Award 2018 AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Film Dokumenter Pendayung Terakhir karya anak muda Ambon dari komunitas film Obscura Alhazen yang disutradarai Ali B. Kilbaren, berhasil menyabet ...
Pendaftar CPNS di Kota Ambon Capai 1.739 Orang AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah kota (Pemkot) Ambon telah mencapai 1.739 orang. "Sampai hari ini jumla...
Bulog Maluku Dukung Gagasan Pusat Logistik Daerah AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Perum Bulog Maluku Arif Mandu mengatakan, pada prinsipnya pihaknya mendukung gagasan Menko Maritim untuk membangun pusat logistik di daerah...
DPRD Ambon Lantik Dua Anggota PAW AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Ambon James Maatita melantik dua anggota Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2014 - 2019. P...
Kanal: Maluku