Loading...

Kapolda: Pengawalan Pemilu Harus secara Baik

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa mengharapkan semua unsur aparat keamanan dan pemerintah harus bisa mengawal jalannya pesta demokrasi pemilihan umum secara baik.

“Melalui koordinasi yang baik semua pihak diharapkan dapat mengawal pemilu dengan baik dan seluruh kegiatan dapat berjalan sesuai harapan,” kata Kapolda di Ambon, Kamis.

Harapan Kapolda disampaikan saat membuka rapat sinergitas Polri dan TNI serta stake holder lainnya dalam rangka Operasi Mantap Brata Siwalima 2019 yang berlangsung di aula Rupatama Polda Maluku.

Kapolda meminta semuma pihak agar bersama-sama menjaga aktivitas masarakat yang aman dan tertib dalam menghadapi pemilihan umum 2019 mendatang.

Menurut dia, keamanan dan ketertiban diharapkan dapat didukung dengan pelaksanaan tugas kepolisia yang baik, proporsional, dan profesional.

Selain itu, peran aktif semua pihak merupakan harapan bersama sebagai wujud tanggungjawab selaku aparat penegak hukum dan aparatur negara.

“Oleh karenanya momen rapat sinergitas ini dapat digunakan sebagai sarana menemukan format kesepahaman, baik dalam berfikir dan bertindak, serta kesediaan seluruh elemen pemerintah maupun parpol peserta pemilu khususnya di Provinsi Maluku untuk bekerja secara holistik terintegrasi,” tandasnya.

Sebab kesepahaman bersama dapat menghasilkan platform mekanisme kerja yang semakin mantap, terutama dalam rangka menghadapi tugas-tugas ke depan, khususnya pemilu 2019.

“Kesiapan pengamanan dan pentahapan pesta demokrasi tersebut telah dimulai sejak Agustus 2018,” kata Kapolda.

Rapat sinergitas ini memiliki makna dan esensi penting sebagai media koordinasi dan persamaan persepsi antara kepolisian, TNI, serta tugas-tugas unsur pemerintahan, sebagaimana telah diamanatkan oleh Undang-Undang yang sesuai tugas dan peran masing-masing unsur pemerintahan.

Kegiatan rakor ini juga dilanjutkan dengan kegiatan pemaparan yang disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Maluku, Kadis Perhubungan, Kepala Kesbangpol Pemprov Maluku, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Maluku.

Hadir dalam rakor tersebut Irwasda Polda Maluku Kombes Pol Purwolelono, Karo Ops dan sejumlah pejabat utama polda, serta sejumlah pimpinan partai politik peserta pemilu 2019.

Berita Lainnya
Dispendukcapil Ambon imbau orang tua urus KIA AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkot Ambon mengim...
BPN serahkan 1.607 Lembar PTSL Warga Malra LANGGUR, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyerahkan 1.607 lembar PTSL (Pendaftaran...
12 OPD Ambon terima penghargaan dari Ombudsman AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah kota (Pemkot) Ambon...
DPMPTSP Ambon Terbitkan 9.127 izin pada 2018 AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ambon ...
Pemkot Ambon kampanye ‘Beta Seng Mau Rokok’ AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerja sama dengan Organisasi Vital Strategi...
Kanal: Maluku