Loading...

Komputer Disdukcapil Hilang, Pelayanan Kependudukan Tetap Normal

AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru menyatakan, setelah dua unit komputer khusus pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ambon, hilang, aktivitas layanan kependudukan tetap berjalan normal.

“Hilangnya dua unit komputer khusus pencetakan E-ktp bukan berarti layanan kependudukan tidak berjalan normal, tetapi aktivitas pelayanan kependudukan tetap berjalan seperti biasa,” katanya di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan staf Dispendukcapil untuk melihat monitor komputer yang tidak digunakan untuk dipakai dulu, sambil menunggu proses pengadaan monitor baru.

Dua unit komputer pencetakan KTP Elektronik ini memuat aplikasi data kependudukan warga Kota Ambon dan laporan yang akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri.

“Pelayanan tetap berjalan karena masih ada komputer lain yang dapat digunakan, pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan,” ujarnya.

Anthony mengakui, data kependudukan terutama yang telah melakukan perekaman data E-ktp di komputer yang hilang, tetap tersimpan di server.

“Prinsipnya tidak ada kendala pelyanan, karena semua data telah tersimpam di server, yang hilang hanya monitornya saja,” katanya.

Pihaknya juga telah melaporkan kasus pencurian komputer Dispendukcapil ke Polres Pulau Ambon dan Pulau- Pulau Lease guna pengusutan lebih lanjut.

Aparat kepolisian dari unsur Inavis dan Serse Polres telah mendatangi tempat kejadian perkara dan melakukan olah TKP, memasang garis polisi, serta mencari sidik jari.

“Aksi ini sangat kita sesali, tetapi juga menjadi pengalaman bagi organisasi perangkat daerah lainnya untuk lebih waspada menjaga keamanan kantor,” tandasnya.

Berita Lainnya
356 Calon Jamaah Haji Dilepas Pemerintah Kota Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Sekretaris Kota Ambon Antony G Latuheru mewakili Wali Kota Richard Louhenapessy melepas 356 calon haji (Calhaj) asal ibu kota ...
Parpol Daftar Bakal Caleg di KPU Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kantor KPU Kota Ambon ramai dengan kedatangan partai politik yang ingin mendaftarkan bakal calon legislatif pada hari terakhir...
Pemerintah Kota Ambon Raih Opini WTP AMBON, TAJUKTIMUR.COM -- Pemerintah Kota Ambon, Maluku meraih opini opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun...
PDI-P Provinsi Maluku Perketat Seleksi Bacaleg AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Provinsi Maluku perketat proses seleksi bakal calon...
BPS: Tingkat Kemiskinan di Maluku Menurun AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mencatat jumlah penduduk miskin di daerah ini sebanyak 320,08 ribu jiwa, atau berk...
Kanal: Maluku