Loading...

Komputer Disdukcapil Hilang, Pelayanan Kependudukan Tetap Normal

AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru menyatakan, setelah dua unit komputer khusus pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ambon, hilang, aktivitas layanan kependudukan tetap berjalan normal.

“Hilangnya dua unit komputer khusus pencetakan E-ktp bukan berarti layanan kependudukan tidak berjalan normal, tetapi aktivitas pelayanan kependudukan tetap berjalan seperti biasa,” katanya di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan staf Dispendukcapil untuk melihat monitor komputer yang tidak digunakan untuk dipakai dulu, sambil menunggu proses pengadaan monitor baru.

Dua unit komputer pencetakan KTP Elektronik ini memuat aplikasi data kependudukan warga Kota Ambon dan laporan yang akan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri.

“Pelayanan tetap berjalan karena masih ada komputer lain yang dapat digunakan, pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan,” ujarnya.

Anthony mengakui, data kependudukan terutama yang telah melakukan perekaman data E-ktp di komputer yang hilang, tetap tersimpan di server.

“Prinsipnya tidak ada kendala pelyanan, karena semua data telah tersimpam di server, yang hilang hanya monitornya saja,” katanya.

Pihaknya juga telah melaporkan kasus pencurian komputer Dispendukcapil ke Polres Pulau Ambon dan Pulau- Pulau Lease guna pengusutan lebih lanjut.

Aparat kepolisian dari unsur Inavis dan Serse Polres telah mendatangi tempat kejadian perkara dan melakukan olah TKP, memasang garis polisi, serta mencari sidik jari.

“Aksi ini sangat kita sesali, tetapi juga menjadi pengalaman bagi organisasi perangkat daerah lainnya untuk lebih waspada menjaga keamanan kantor,” tandasnya.

Berita Lainnya
BPOM Maluku Amankan 41.672 Produk Tidak Memenuhi Ketentuan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Maluku menemukan 41.672 produk obat, pangan dan kosmetik yang tidak memenuhi ketentuan (TMK), sehingga tida...
Polres: Pengungkapan kasus Narkoba di Ambon Melebihi Target AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pengungkapan kasus narkotika dan obat-obat terlarang yang dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease sejak Januari ...
Film Dokumenter asal Ambon Raih Penghargaan Youth Sineas Award 2018 AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Film Dokumenter Pendayung Terakhir karya anak muda Ambon dari komunitas film Obscura Alhazen yang disutradarai Ali B. Kilbaren, berhasil menyabet ...
Pendaftar CPNS di Kota Ambon Capai 1.739 Orang AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Jumlah pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah kota (Pemkot) Ambon telah mencapai 1.739 orang. "Sampai hari ini jumla...
Bulog Maluku Dukung Gagasan Pusat Logistik Daerah AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Perum Bulog Maluku Arif Mandu mengatakan, pada prinsipnya pihaknya mendukung gagasan Menko Maritim untuk membangun pusat logistik di daerah...
Kanal: Maluku