Loading...

Konser ‘Vinculos Untuk Indonesia’ Hadir di Maluku

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Kelompok orkestra Ocas dari kota Asturias, Spanyol kembali menggelar sejumlah konser musik kolaborasi bersama musisi lokal yang bertajuk Vinculos Untuk Indonesia 2018 di provinsi Maluku, Sulawesi Tengah, Riau dan DKI Jakarta pada sepanjang bulan Agustus nanti.

Konser yang dihelat oleh grup Orquesta De Camara de Siero (Ocas) mempersembahkan sejumlah konser kolaborasi, edukasi, workshop, dan sejumlah kegiatan budaya dan sosial lainnya di kota Ambon, kabupaten Sigi dan Parigi Moutong, kota Pekanbaru dan Jakarta.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, konser ini mengusung tema menebarkan semangat solidaritas, perdamaian, persatuan dalam kemajemukan (Solidarity, peace and unity in diversity).

“Vinculos untuk Indonesia 2018 dibuka di kota Ambon yang akan diproyeksikan sebagai International City of Music oleh UNESCO tahun 2019,” katanya.

Dari Ambon, kunjungan OCAS dalam program Vinculos akan bertolak menuju ke Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi dan Kota Palu, di Sulawesi Tengah, serta Kota Pekanbaru di Riau dan Provinsi DKI Jakarta, berkolaborasi dengan musisi lokal di masing-masing daerah tersebut.

Vinculos dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen kuat Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperkuat kerjasama kebudayaan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol.

“Serta bagian dari upaya strategis diplomasi budaya yang efektif dan produktif dengan sasaran meningkatnya partisipasi dan peran aktif Indonesia dalam percaturan budaya dunia,” katanya.

Kegiatan ini juga bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol.

Sejumlah kegiatan dijadwalkan akan dilaksanakan sepanjang rangkaian Vinculos 2018 antara lain adalah kunjungan, workshop & konser di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon.

Grup orchestra Ocas juga akan berkolaborasi bersama musisi lokal dan masyarakat Ambon dengan menggelar flash mob atau tarian massal di Maluku City Mall serta konser besar di Taman Budaya Ambon.

Berita Lainnya
Dinas PUPR Ambon Normalisasi Tiga Sungai AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon akan melakukan normalisasi sungai Waiheru, Wayame, dan Waetomu. "...
Diduga Terlibat Korupsi, Sekda Kabupaten Buru Ditahan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Buru AA alias Ahmad bersama bendahara rutin Setda LJA alias Joni ditahan Direskrimsus Polda Maluku...
Kapal Ikan Asal Bali Tenggelam di Perairan Arafura AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Kantor Badan SAR Nasional Ambon, Muslimin memastikan KM. Cahaya Rejeki 88, sebuah kapal penangkap ikan yang tenggelam d...
Menteri Budi Karya Sumadi Dukung Unpatti Buka Prodi Teknik Transportasi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung pembukaan program studi (prodi) baru yakni teknik transportasi kelaut...
Pemkot Ambon Gelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon siap menggelar kompetisi inovasi pelayanan publik bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD...
Kanal: Maluku