Loading...

Kunjungi Tanah Leluhur, Presiden Mikronesia beri Kuliah Umum di Unpatti

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Presiden Negara Federasi Mikronesia Peter M. Christian dalam lawatannya ke Indonesia berkesempatan mengunjungi kota Ambon yang merupakan tanah kelahiran leluhurnya, sekaligus memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti), Jumat lalu.

Didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff dan Rektor Unpatti M.J Sapteno, Presiden Peter M. Christian banyak menceritakan asal usul leluhur dan latar belakang keluarganya yang berasal dari Negeri Haria di Pulau Saparua, kabupaten Maluku Tengah.

“Saya merupakan generasi ketiga Diaspora Ambon yang tinggal di Mikronesia. Bapak saya Marthin Christian Souisa. Banyak keluarga ayah saya di sini. Mudah-mudahan saat pulang kampung ini saya bisa bertemu dengan keluarga besar saya di sini,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan tentang berdirinya Federasi Serikat Mikronesia yang dideklarasikan sebagai sebuah negara pada tahun 1986, dan Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung negara tersebut untuk masuk dalam organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tahun 1992.

Presiden Peter menyatakan kunjungan pertamanya ke Indonesia atas undangan kenegaraan dari Presiden Joko Widodo.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memainkan peranan penting di dunia Internasional. Karena itu kunjungan kenegaraan ini juga dimanfaatkan untuk membicarakan kerja sama bilateral kedua negara, termasuk mendorong peran aktif kedua negara dalam memperkuat keamanan regional, mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

Sejumlah kerja sama yang akan dilakukan antara Federasi Serikat Mikronesia dengan Indonesia di antaranya di bidang kemaritiman, ekonomi, sosial budaya, “people-to-people contact” dan konektivitas.

Selain itu, membentuk forum konsultasi reguler guna membahas kerja sama konkret kedua negara.

“Sebagai sesama negara kepulauan saya dan Presiden Joko Widodo juga telah bersepakat meningkatkan kerja sama bidang maritim dan peningkatan konektivitas,” tuturnya.

Khusus untuk provinsi Maluku, Presiden Peter Christian mengakui memiliki kesamaan geografis dan terbuka peluang untuk melakukan kerja sama saling menguntungkan, terutama di bidang kelautan dan perikanan yang menjadi sektor unggulan.

“Kerja sama dengan pemerintah Maluku sangat dimungkinkan dan dimulai dari kajian isu strategis tentang maritim yang terjadi di dunia sebagai salah satu landasan pijak membangun kerja sama menguntungkan, sekaligus solusi penyelesaian masalah kelautan saat ini,” paparnya.

Presiden Peter M. Christian juga menawarkan peluang kerja sama di bidang pendidikan, baik pertukaran kurikulum pendidikan maupun pertukaran mahasiswa dan dosen dari Maluku dan Federasi Serikat Mikronesia.

“Saya ingin kerja sama di sejumlah bidang ini dapat segera direalisasikan sehingga berdampak besar bagi peningkatan sumber daya manusia maupun peningkatan pembangunan dan perekonomian,” ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat Maluku untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut sebagai sumber kehidupan utama masa depan dengan tidak membuang sampah.

“Jika laut tetap bersih, terumbu karang akan tumbuh subur dan menjadi rumah ikan. Ikan tuna asal Maluku sangat terkenal dan menjadi incaran negara-negara di dunia,” ucapnya.

Berita Lainnya
Dinas PUPR Ambon Normalisasi Tiga Sungai AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon akan melakukan normalisasi sungai Waiheru, Wayame, dan Waetomu. "...
Diduga Terlibat Korupsi, Sekda Kabupaten Buru Ditahan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Buru AA alias Ahmad bersama bendahara rutin Setda LJA alias Joni ditahan Direskrimsus Polda Maluku...
Kapal Ikan Asal Bali Tenggelam di Perairan Arafura AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Kantor Badan SAR Nasional Ambon, Muslimin memastikan KM. Cahaya Rejeki 88, sebuah kapal penangkap ikan yang tenggelam d...
Menteri Budi Karya Sumadi Dukung Unpatti Buka Prodi Teknik Transportasi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung pembukaan program studi (prodi) baru yakni teknik transportasi kelaut...
Pemkot Ambon Gelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon siap menggelar kompetisi inovasi pelayanan publik bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD...
Kanal: Maluku