Loading...

Masyarakat Negeri Tengah-Tengah Rayakan Idul Adha 21 Agustus 2018

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Warga Negeri Tengah-Tengah, kecamatan Salahutu, kabupaten Maluku Tengah merayakan hari raya Idul Adha 1439 Hijriah lebih awal dari yang ditetapkan Pemerintah yakni 22 Agustus 2018.

Warga Tengah-Tengah melaksanakan shalat Idul Adha, Selasa, pukul 08.00 WIT di Masjid An`nimah, dipimpin oleh Imam besar Abdul haji Tuharea, dan khatib modim Abdul Haji Tuharea.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di Negeri Tengah-tengah lebih awal dari masyarakat umum yakni berdasarkan waktu Kalender, kata seorang warga Negeri Tengah-Tengah, Evend Maruapey seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Dikatakannya, hari Idul Fitri maupun Idul Adha selalu dirayakan lebih awal, proses ini telah berjalan sejak lama dan telah menjadi budaya di Negeri Tengah-Tengah.

Tradisi ini sesuai dengan perhitungan tokoh agama negeri yang didasari dari buku dan kerangka hitungan bulan yang telah berusia ratusan tahun lalu, yakni semenjak Islam masuk di negeri ini.

“Warga Tengah-Tengah menyambut dengan baik tradisi ini, karena persoalan agama diserahkan ke tokoh agama di negeri,” ujarnya.

Diakuinya, tradisi yang berbeda di lebaran Idul Adha di Negeri Tengah-Tengah yakni prosesi penyembelihan hewan kurban.

Sebelum penyembelihan hewan kurban berlangsung, sejumlah masyarakat dipilih untuk menggendong hewan kurban dan mengelilingi masjid sebanyak sembilan kali.

Selain itu, pembagian daging kurban ke masyarakat juga berbeda yaitu tidak dibagi berupa daging mentah, melainkan daging dimasak terlebih dahulu dan dibagi secara merata.

Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah di Negeri Tengah- Tengah juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti lomba tarian samrah, sawat dan silat serta acara adat lainnya.

Berita Lainnya
MUI Maluku Pastikan Vaksin MR Halal AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku memastikan vaksin measles rubella (MR) halal dan aman untuk diberikan kepada ana...
Pendapatan Daerah Maluku Ditargetkan Rp3,467 Triliun AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pendapatan Daerah Maluku yang direncakan dalam Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan PPAS Perubahan APBD 2018 naik menjadi Rp3...
Uskup Berharap Pesparani Nasional 2018 Lancar AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Uskup Dioksis Amboina Mgr Petrus Mandagi mengharapkan pelaksanaan lomba pesta paduan suara gerejani (Pesparani) tingkat nasion...
Pemkot Ambon Kaji SKB Terkait ASN Kasus Korupsi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Kota Ambon akan mengkaji kajian surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri terkait menindak aparatur sipil negara y...
Masyarakat Gelar Aksi Bersih Lima Sungai di Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Berbagai komponen masyarakat di Kota Ambon, terlibat bersama memperingati Hari Bersih Sedunia yang jatuh pada 15 September 201...
Kanal: Maluku