Loading...

Menteri Basuki: Pembangunan Infrastruktur MTB akan Ditingkatkan

SAUMLAKI, TAJUKTIMUR.COM – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono menyatakan dalam Tahun Anggaran 2019, Kementrian PUPR akan meningkatkan perhatian terhadap pembangunan infrastruktur pelayanan dasar bagi masyarakat di kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

Hal itu disampaikan kepada wartawan di Saumlaki, usai melakukan kunjungan kerja di sejumlah daerah berjuluk Duan-Lolat itu, Jumat.

“Ada sekitar 24 Km jalan di daerah Arma yang masih rusak dan ternyata itu status jalan dari kabupaten ke jalan Nasional sehingga masih satu lapis. Tetapi 2019 ini ada penanganan dimana sekarang sudah lelang. Mudah-mudahan di akhir Januari ini sudah dikerjakan. Tahun ini ruas jalan Arma ke Siwahaan, kecamatan Nirunmas sekitar 8 km perbaikan efektivnya tetapi long segment nya semua,” katanya.

Idealnya untuk status jalan Nasional harus dilapisi aspal menjadi dua lapis, dengan begitu Kementrian PUPR telah menganggarkan penambahan anggarannya di tahun ini dan seterusnya akan ditangani secara bertahap untuk pekerjaan ruas jalan yang rusak lain.

Di pulau Larat, kecamatan Tanimbar Utara, pengaspalan jalan juga akan di teruskan sepanjang 10 Km dari total 48 Km ruas jalan tersebut. Kementrian PUPR sebelumnya telah mengucurkan anggaran untuk pengaspalan jalan di pulau Larat sepanjang 28 Km.

Tentang peningkatan status jalan Daerah menjadi jalan Nasional yang sedang diperjuangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten MTB, Basoeki mengaku menyambut dengan baik upaya Pemkab tersebut.

Sekarang sudah ada 158 Km jalan Trans Yamdena yang telah ditetapkan statusnya menjadi jalan nasional. Sementara saya sudah bilang Bupati untuk mengusulkan saja peningkatan status jalan dan nanti kita akan bahas, termasuk jalan dilingkar barat pulau Yamdena,” ungkapnya.

Tentang rumah layak huni bagi masyarakat berekonomi lemah, Basoeki memastikan program tersebut masih terus dilakukan oleh pemerintah. Dia mengaku telah menerima usulan pembangunan rumah layak huni dari Pemkab MTB dan akan menjadi perhatian pihaknya.

“Tentang persoalan air bersih di MTB, Kementerian PUPR akan membangun embung-embung tahun ini di sejumlah lokasi termasuk disejumlah daerah di Maluku seperti di Maluku Tenggara, dan Maluku Barat Daya karena wilayah ini terdiri dari pulau-pulau kecil,” katanya.

Berita Lainnya
Dinkes Maluku: Tiga kasus DBD belum terkategori KLB AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Maluku, Meikyal Pontoh, menyatakan, tiga k...
BMKG: waspadai gelombang tinggi di laut Maluku AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon ...
Kota Ambon Kembali Raih Adipura AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kota Ambon kembali menerima penghargaan Adipura kategori kota sedang dari Ke...
Perahu Cepat Milik Pemkot Tual Terbakar TUAL, TAJUKTIMUR.COM - Satu unit perahu cepat yang biasanya disebut speed boat milik Dinas Perhubung...
Menkeu Minta Jajaran Kementerian Tingkatkan Kinerja SAUMLAKI, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta seluruh pegawai k...
Kanal: Maluku