Loading...

NTP Maluku Naik 0,79 Persen

AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mencatat nilai tukar petani (NTP) daerah ini pada Juni 2018 mencapai 101,79, naik 0,79 persen dibanding Mei yang tercatat sebesar 101,00.

“Peningkatan ini terjadi karena yang diterima petani (it) mengalami peningkatan? sebesar 0,94 persen, lebih tinggi dari peningkatan? yang dibayar petani (ib) yang tercatat sebesar ?0,16 persen,” kata Kepala BPS Provinsi Maluku Dumangar Hutauruk di Ambon, Senin.

Ia menambahkan, semua subsektor mengalami kenaikan NTP dengan penyeimbang tertinggi subsektor perikanan (1,80 persen).

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga/penyumbang peningkatan itu yakni tanaman pangan: ketela pohon, ubi jalar, kacang hijau, tanaman hortikultura: jeruk, mangga, pepaya, pisang, jahe, kacang panjang, kangkung, terung panjang, tomat, buncis, dan bayam.

Untuk tanaman perkebunan rakyat yakni kakao, pala biji, peternakan: telur ayam buras, sapi potong, ayam buras, perikanan:ikan cakalang, ikan embung, ikan tongkol, ikan terbang, dan julung-julung dan rumput laut.

Dumangar menjelaskan, inflasi perdesaan Maluku sebesar 0,12 rangking 24 dari 33 provinsi di Selindo penyebabnya adalah kenaikan IKRT kelompok sandang 1,26 persen, transportasi dan komunikasi? 0,47 persen? pendidikan rekreasi dan olahraga 0,18 persen,? perumahan 0,07 persen, bahan makanan 0,04 persen.

“10 komoditas yang mengalami kenaikkan harga memberikan andil terbesar terhadap inflasi perdesaan Maluku yakni ikan layang, ketela pohon, ikan kakap merah, bayam, ikan teri daging auam ras, ikan baronang , kangkung, bensin eceran dan mie instan,” ujarnya.

NTP yang diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani terhadap indeks harga yang dibayar petani (dalam persentase) merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan atau daya beli petani di perdesaan.

NTP juga menunjukan daya tukar dari harga produk pertanian dengan harga barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk harga produksi.

“Semakin tinggi NTP, maka relatif semakin kuat pada tingkat kemampuan? atau daya beli/daya tukar petani,” tambahnya.

Berita Lainnya
PDI-P Provinsi Maluku Perketat Seleksi Bacaleg AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Provinsi Maluku perketat proses seleksi bakal calon...
BPS: Tingkat Kemiskinan di Maluku Menurun AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mencatat jumlah penduduk miskin di daerah ini sebanyak 320,08 ribu jiwa, atau berk...
Waspadai Angin Kencang Wilayah Selatan Maluku AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat, terutama para nelayan tradisional agar mewaspadai an...
PT Pos Ambon Jajaki Pembayaran Rekening PDAM AMBON, TAJUKTIMUR.COM — PT Pos Ambon bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menjajaki kerja sama pembayaran rekening air bersih milik Perusahaan Daera...
Penyerapan Dana Desa di Ambon Bervariasi AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Penyerapan anggaran dana desa di Kota Ambon bervariasi, antara lain untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan sumber daya m...
Kanal: Maluku