Loading...

Pemkot Ambon Siapkan Rp22 Miliar Bayar THR

AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan anggaran Rp22,2 miliar untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kami menyiapkan anggaran Rp22,2 miliar untuk membayar THR bagi 5.367 ASN, yang secara bertahap telah dibayarkan hari ini,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan (BPK) Kota Ambon, Jacky Talahatu, kemarin.

Dikatakannya, proses pencairan THR di Organsasi Perangkat Daerah (OPD) sementara dilakukan dan diharapkan proses pembayaran paling lambat sebelum cuti bersama lebaran.

“Pencairan THR berlaku untuk seluruh ASN, bukan hanya yang Muslim tetapi juga non Muslim. Tetapi pembayaran THR itu belum termasuk tenaga honorer dan kontrak,” ujarnya.

Jacky mengakui, pembayaran THR sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No.18 tahun 2018, PP No.19 tahun 2018, PP No. 20 tahun 2018, serta PMK.52/PMK.05/2018 dan PMK.54/PMK.05/2018

THR yang diterima sesuai petunjuk teknis (juknis) lebih besar dari tahun sebelumnya, yakni seluruh komponen gaji mulai dari tunjangan kinerja, tunjangan jabatan, tunjungan keluarga dan tunjangan lainnya.

“Sebelumnya THR yang diterima hanya komponen gaji pokok, tetapi tahun ini jumlahnya lebih besar karena seluruh komponen gaji,” katanya.

Selain menerima THR, ASN juga akan menerima gaji 13 yang pembayarannya bertepatan dengan masuk liburan sekolah dan tahun ajaran.

Upaya ini dilakukan agar ASN dapat menggunakan untuk proses mendaftarkan dan kebutuhan anak sekolah.

“Kita berupaya memenuhi kebutuhan para ASN melalui gaji 13 dari pemerintah sebagai bentuk apresiasi atas apa yang sudah dilakukan para ASN,” ujarnya.

Ia menambahkan, gaji ke 13 merupakan bonus atas kinerja para ASN karena itu ASN diharapkan dapat memanfaatkan gaji 13 dengan baik untuk keperluan atau kebutuhan keluarga.

“Bulan ini ASN menerima dua kali gaji yakni gaji bulan Juni dan THR, sedangkan di bulan Juli dan gaji ke-13 yang merupakan bonus pemerintah atas kinerja aparatur, karena itu manfaatkanlah dengan baik untuk kebutuhan anak sekolah ” tandas Jacky.

Berita Lainnya
Pangdam Tinjau Kesiapan Pilkada Tual dan Malra TUAL, TAJUKTIMUR.COM —- Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) selama dua hari (21-22 Juni...
Penumpang di Pelabuhan Ambon naik 40 Persen AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Ambon mendata jumlah penumpang mudik dan balik selama Idul Fitri ...
Brigjen Pol Ahmad Wiyagus Dilantik Sebagai Wakapolda Maluku yang Baru AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto melantik Brigjen Pol Ahmad Wiyagus sebagai Wakapolda yang baru menggantikan posi...
Disparbud Kota Ambon Gelar Festival Band Bocah AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kembali menggelar Festival Band Bocah yang...
ASN Ambon Diminta Gunakan Hak Pilih AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menegaskan aparatur sipil negara (ASN) Ambon harus menjadi contoh yang baik dalam menyal...
Kanal: Maluku