Loading...

Pertamina Wujudkan BBM Satu Harga di Wilayah 3T

NAMLEA, TAJUKTIMUR.COM – PT Pertamina kembali mewujudkan amanah pemerintah melalui penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) di provinsi Maluku.

BBM satu harga merupakan komitmen Pertamina yang diamanatkan negara hadir di provinsi Maluku yakni Desa Waemangit, Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru, kata General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Ferbrian.

“Hari ini kita meresmikan lembaga penyalur BBM satu harga ke 39 di wilayah MOR VIII Maluku-Papua yakni SPBU 86,975,26 . Dan di Maluku merupakan yang ke lima sejak pemerintah mencanangkan program satu harga,” jelasnya di Namlea, Jumat.

Ia menambahkan,? program tersebut dilakukan? sepenuh hati dan lebih awal, yakni di 2018 dari target 16 terealisasi 18 lembaga penyalur.

“2019 kita targetkan di bulan April terealisasi di 12 titik lokasi di wilayah MOR VIII, diantaranya di provinsi Maluku yakni kabupaten Maluku Barat daya Pulau Moa dan Leti, serta Kabupaten Seram Bagian Timur, ” terangnya.

Ia menyebutkan, penyediaan BBM di SPBU Kompak Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru telah beroperasi sejak 28 September 2018.

Pasokan BBM? dari Terminal BBM Namlea sejauh kurang lebih 100 KM atau sekitar kurang lebih tiga jam jalan darat dengan alokasi perbulan sekitar 60 Kiloliter (KL) untuk Premium dan Solar sebanyak 20 KL.

SPBU tersebut akan melayani sekitar 2.825 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 11.299 jiwa.

Disinggung terkait kuota, Iin menambahkan pihaknya menyuaikan hasil validasi pemda, mengingat karena pemda yang mengetahui masyarakat pengguna BBM.

Peruntukan BBM satu harga, lanjutnya juga diverifikasi? kepala daerah setempat. Tahap pertama dimulai dari 25 kl per produk, selanjutnya akan dievaluasi jika kebutuhan masyarakat meningkat.

“Kalau dari segi suplay stok dari TBBM Namlea untuk enam hari operasional dan suplay diharapkan tidak terkendala, jika ditunjang pengawasan dari aparat kepolisian dan pemda,” lanjutnya.

Di hari yang sama juga diresmikan SPBU kompak 86,995,18 di distrik Boklame Kabupaten Jayawijaya Papua, yang pasokannya dikirim dari “supply point” TBBM Jayapura dengan jarak tempuh 145 km, dan dipasok dua kali sebulan sebanyak 50 KL untuk bio solar dan 150 kl premium.

Berita Lainnya
Nelayan dilaporkan hilang di Teluk Elpaputih AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Seorang nelayan yang diketahui bernama La Hama (60) dilaporkan hilang saat m...
Gubernur Maluku Pecat Lima ASN Korupsi AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff telah melakukan pemecatan tidak dengan hormat...
Polisi bubarkan demonstrasi GMKI cabang Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Personel Polres Pulau Ambon dan Pulau - Pulau Lease, Selasa, membubarkan aks...
Polda: Maluku aman saat pemilu AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Stigma Bawaslu terhadap kondisi kamtibmas di Maluku termasuk salah satu daer...
Maluku ekspor 0,99 ton tuna fresh whole ke Jepang AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Provinsi Maluku mengekspor lagi 0,99 ton ikan tuna fresh whole ke Jepang pad...
Kanal: Maluku