Loading...

Polda Maluku Ringkus Pelaku Penipuan Calon Bintara

AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Direktorat Reskrimum Polda Maluku berhasil meringkus FJM alias Fargie (44), tersangka dugaan pelaku penipuan dan penggelapan terhadap dua orang wanita peserta seleksi penerimaan calon bintara Polri di Kepolisian Daerah Maluku.

“Tersangka berhasil meraup keuntungan Rp1 miliar ini ditangkap hari Minggu, (29/4) 2018 sekitar pukul 20.15 WITA di Desa Alkani, Kecamatan Waikiku, Kabupaten Nusa Tenggara Timur,” kata Direktur Reskrimum Polda Maluku, Kombes Pol Gupuh Setiyono di Ambon, Rabu.

Penangkapan tersangka dilakukan berdasarkan laporan polisi nomor LP-A/138/III/2018/Maluku/SPKT tanggal 20 Maret 2018 tentang perkara tindak pidana penipuan atau penggelapan sesuai pasal 378 dan pasal 372 KUH Pidana.

Menurut Direskrimum, tersangka juga dijerat melanggar pasal 5 ayat (1) juncto pasal 2 ayat (1) UU nomor 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Tersangka yang selama ini menetap di kawasan da Silva RT003/RW003 Kelurahan Rijali Kecamatan Sirimau (Kota Ambon) akhirnya bisa ditangkap di rumah Yus Menabu, Ketua RT di Desa Alkani, Kecamatan Waiwiku, Kabupaten Malaka (NTT).

“Modus operandi yang dipakai adalah korban Nugraheni Maulia Dina pada tanggal 17 Maret 2017 dikenalkan dengan tersangka oleh seseorang di Hotel Amboina Kota Ambon dan tersangka bisa membantu meluluskan korban menjadi anggota Polri,” katanya.

Tersangka yang merupakan mantan karyawati bank swasta nasional ini juga membuatkan KTP aspal dengan domisili Kota Ambon.

Kemudian tersangka meyakinkan korban bahwa meski pun bukan domisili di Kota Ambon maka dapat diluluskan menjadi anggota Polri apabila menyerahkan sejumlah uang dengan DP Rp30 juta.

Berita Lainnya
Tradisi Toleransi di Maluku harus Dipertahankan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Uskup Diosis Amboina Mgr Petrus Canisius Mandagie menyatakan tradisi toleran...
BPOM Maluku Minta Pengusaha Penuhi Standar Kebersihan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku meminta pelaku usaha untuk m...
Harga Barang Meroket, Ini Komentar BI Maluku AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pedagang di Pasar Tradisional Kota Ambon, diminta tidak menaikan harga terla...
Bupati Malra dukung Kebijakan Bakar Kapal Ikan Ilegal LANGGUR, TAJUKTIMUR.COM - Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun menyatakan pihaknya setuj...
Wali Kota Ambon: Perhargaan Apresiasi Pemerintah Pusat kepada Daerah AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan penghargaan yang diraih dae...
Kanal: Maluku