Loading...

Said Assagaff Harap Masyarakat Jaga Kondusifitas Keamanan Jelang Pilpres

AMBION, TAJUKTIMUR.COM – Gubernur Maluku Said Assagaff berpesan kepada masyarakat agar dapat menjaga kondusifitas keamanan selama proses pentahapan pemilihan presiden dan pemilhan legislatif berlangsung.

Gubernur yang bertindak sebagai inspektur upacara pada Operasi Mantab Brata Siwalima 2018 di Lapangan CH. Tahapary Tantui, Rabu (19/9/2018) mengingatkan masyarakat menghindari ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

“Tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh politik di Maluku diminta untuk tidak memaksa masyarakat dalam menyalurkan hak politiknya. Sebagai panutan para tokoh harus memberikan pendidikan demokrasi yang baik,” ujar Gubernur.

Lewat apel bersama, lanjutnya, menjadi kekuatan semua pemangku kepentingan di daerah ini menyatukan visi misi menjaga kamtibmas selama pemilu.

“Apel bersama ini dihadiri semua tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan partai politik yang ikut andil. Ini jadi kekuatan bersama kita satukan visi menghindari kesalahpahaman,” ujarnya.

Polda Maluku mengerahkan dua pertiga kekuatan personil untuk mengamankan pilpres dan pileg. Sebanyak 5.136 personil disiagakan hingga penetapan nanti.

Kapolda Maluku, Irjen (Pol) Royke Lumowa menuturkan polisi diback up TNI siap mengamankan jalannya pilpres dan pileg di Maluku. Mengenai pemetaan kerawanan, Mantan Kepala Korps Lantas Polri ini menyebutkan tidak ada kerawanan yang berarti. Maluku dipastikan aman dari gejolak politik.

“Polri siap TNI juga siap amankan pilpres. Kita semua maunya Maluku aman lah. Kalau daerag rawan tidak ada lah rawan. Orang Maluku semuanya baik baik,” tukas Kapolda.

Kapolda juga menekankan netralitas Polri dalam pesta demokrasi 2019. Sesuai dengan instruksi Kapolri semua anggota dilarang berpihak pada kelompok manapun. Kalau kedapatan ada yang melanggar sudah pasti ditindak tegas.

Berita Lainnya
Calon Kepala Ohoi Jalani Sumpah Adat LANGGUR, TAJUKTIMUR.COM - Para calon kepala ohoi (desa) di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menjala...
Iriana Jokowi diagendakan Kunjungi Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Ibu Negara, Iriana Joko Widodo diagendakan mengunjungi Ambon, ibu kota Provi...
Ambon siap menuju Jaringan Kota Kreatif Dunia AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kota Ambon menyiapkan berbagai infrastruktur dan dokumen pendukung menuju ja...
DP3AMD Ambon target salurkan Dana Desa awal Maret 2019 AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Masyarakat dan Desa (DP3AMD) ...
Berita Penangkapan Teroris di Maluku Hoaks AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Humas Polda Maluku menyatakan pemberitaan sebuah media daring tentang penang...
Kanal: Maluku