Loading...

Suling Bambu Ikon Amboina International Bamboo Festival

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Musik suling bambu akan menjadi ikon dalam kegiatan Ambonina Internasional Bamboo konvention dan festival yang akan digelar di kota Ambon 15 – 17 November 2018.

Kegiatan Amboina international music festival and convention merupakan dua kegiatan yang digabung dalam satu kegiatan Amboina international bamboo festival, dan musik bambu menjadi tema utama, kata Direktur Ambon Music Office (AMO), Ronny Loppies.

Ia mengatakan, musik bambu telah menjadi musik pemersatu dua komunitas di Maluku, di komunitas muslim terkenal dengan musik sawat, sedangkan di komunitas kristen menjadi musik pengantar ibadah gereja.

“Keberadaan alat musik ini menjadi alat perdamaian sehingga coba diangkat menjadi tema besar kegiatan, serta upaya mengkampanyekan sebagai nilai tambah,” katanya.

Ronny menjelaskan, kegiatan tersebut dirancangkan AMO bersama Pemkot Ambon dan dalam impelemntasinya didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), untuk membantu kegiatan bersifat internasional melalui program Indonesiana.

“Program Indonesiana merupakan platform kebudayaan yang dikolaborasi secara gotong royong, setelah sebelumnya festival berbasis budaya juga dilakukan di sejumlah daerah seperti festival silat di Padang dan festival internasional gamelan di Jogyakarta,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan Ambonina International Bamboo festival and convention diawali dengan pamaran budaya mulai 6-9 November 2018 di tribun lapangan merdeka, festival hawaiaan dan pagelaran budaya 7-8 November di Baileo Oikumene, pertunjukan kesenian rakyat 13-17 November di bandara Pattimura.

Karnaval budaya 15 November 2018 sebagai pembuka kegiatan, residensi dan pertunjukan kolaborasi 15 -16 November di Taman budaya, pagelaran musik dan sastra 16 November.

Selanjutnya, pameran naskah dan rekaman musik 15 -17 November di lapangan merdeka, festival musik bambu internasional 15 -17 November di lapangan merdeka, konferensi musik internasional di Taman Budaya, dan konferensi hutan bambu 17 November di dusun Tuni, kecamatan Nusaniwe.

“Amboina International Music Festival akan dimeriahkan Penyanyi legendaris Oscar Harris, Pusakata, Barry Likumahua, maestro suling nusantara dan Molluca Bamboowind Orchestra, serta musisi lokal kota Ambon,” tandas Ronny.

Berita Lainnya
Gubernur Assagaff akan Lapor Perkembangan Pembangunan RSUP ke Presiden AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku, Said Assagaff mengatakan akan melaporkan perkembangan pemba...
30 Peserta Lolos Seleksi Kompetisi Dasar CPNS Ambon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 30 peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipi...
Gubernur Maluku Minta Generasi Muda jadi Pejuang Pendidikan AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Gubernur Maluku Said Assagaff meminta generasi muda memaknai peringatan Hari...
DPRKP Akan Serahkan Rusun Nelayan di Kepulauan Aru AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Maluku akan menyerahka...
Tim Saber Pungli Cegah Pungutan Layanan Publik AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) melakukan sosialisasi sebagai b...
Kanal: Maluku