Loading...

Survei MSS: Publik Masih Inginkan Petahana Pimpin Maluku

AMBON, TAJUKTIMUR.COM —- Survei Lembaga Media Survei dan Strategi (MSS) menyimpulkan sebagian publik di Maluku masih menginginkan petahana Gubernur, Said Assagaff bersama calon wagub Anderias Rentanubun dengan jargon”SANTUN” kembali memimpin daerah tersebut.

“Jika Pilkada Maluku digelar hari ini maka 34,70 persen warga akan menyatakan pilihannya kepada pasangan calon (paslon) nomor urut 1 yakni SANTUN, karena masih menginginkan Said Assagaff kembali menjadi Gubernur,” kata Direktur MSS, Husain Marasabessy, di Ambon, Sabtu.

Posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 3, Herman Andrian Keodoeboen – Abdullah Vanath (HEBAT) dengan 25,30 persen sedangkan paslon Murad Ismail – Barnabas Orno (BAILEO) dengan nomor urut 2 di posisi ketiga dengan 24,90 persen.

Batas atau margin antara paslon SANTUN yang menempati posisi pertama dengan HEBAT di posisi kedua yakni 8,4 persen, sedangkan margin antara HEBAT dan BAILEO hanya 1,4 persen.

“Selisih dukungan yang sangat besar ini mengindikasikan pasangan SANTUN akan memenangkan kontertasi Pilkada Maluku, sedangkan posisi kedua dan ketiga masih bisa berganti antara paslon HEBAT dan BAILEO atau sebaliknya, karena selisihnya sangat kecil, serta masih terdapat pemilih mengambang sebesar 14,1 persen,” ujarnya.

Husain menegaskan, survei yang dilakukan 4 Juni-12 Juni 2018 dengan sampel 800 orang responden yang tersebar pada 80 lokasi di 11 kabupaten dan kota di Maluku dengan metode multistage random sampling, sedangkan instrumen digunakan yakni wawancara dan koesioner dengan batas kesalahan (margin error) 3,5 persen.

Berdasarkan hasil survei MSS ternyata 35 persen publik Maluku menginginkan petahana kembali memimpin, 31 persen tidak menginginkan dan sisanya 31 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Husain menyatakan, ada lima alasan utama warga Maluku menginginkan Said Assagaff kembali memimpin diantaranya popularitasnya jauh melebihi dua calon gubernur lain maupun tiga calon wagub, karena 91 persen masyarakat menyatakan mengenal dan 83,6 persen menyatakan menyukai petahana.

Mantan kepala Korps Brimob Mabes Polri Murad Ismail memiliki popularitas 73,5 persen dan disukai 69,2 persen, sedangkan 70,6 persen responden menyatakan mengenal calon gubernur Herman Koedoeboen dan disukai 75,3 persen responden.

Abdullah Vanath memiliki tingkat popularitas lebih tingi dibanding dua calon lainnya dengan tingkat pengenalan 80,7 persen dan disukai 76,0 persen, diikuti Barnabas Brno dengan tingkat pengenalan 60,5 persen dan 66,8 persen disukai, sedangkan Anderias Rentanubun dikenal oleh 55,7 persen respondan dan 73 persen disukai.

Selain itu, secara umum masyarakat menilai keadaan politik, ekonomi, keamanan dan penegakkan hukum dan sosialkemasyarakat selama kepemimpinan Said Assagaff periode 2014-2019 sangat baik diantaranya politik 65,5 persen, ekonomi (55,5 persen), keamanan (75,8 persen), penegakkan hukum (70,1 persen) dan sosial ekonomi sebesar 80,5 persen.

70,40 persen responden menyatakan sangat puas dengan petahana, tidak puas 23,6 persen dan enam persen tidak tahu atau tidak menjawab, sedangkan menyangkut tingkat keberhasilan dalam tugas 69,9 persen menyatakan petahana sangat berhasil, kurang berhasil (22 persen) dan tidak tahu/tidak jawab delapan persen.

Faktor lain yang yang mengakibatkan petahana unggul dari calon lainnya karena 45,4 persen hingga 80,5 persen masyarakat menyatakan kepuasan terhadap kinerja Pemprov Maluku dalam berbagai aspek diantaranya keamanan, pendidikan, pelayanan kesehatan, transportasi darat, komunikasi (telepon), fasilitas umum, transportasi laut, jaringan listrik serta infrastruktur jalan.

“Jika tidak ada kejadian luar biasa dalam tiga hari ke depan, maka kemungkinan besar hasil survei ini tidak berubah dan pasangan SANTUN akan terpilih pimpin Maluku lima tahun mendatang,” tandasnya.

Berita Lainnya
TPID Maluku Satukan Langkah Hadapi Natal AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku mencatat, Tim pengenda...
BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Laut Maluku AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon ...
Tour de Ambon Manise jadi Pengembangan Wisata AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan yang menjadi ...
Pemprov Maluku Luncurkan Program ‘Dewi Bulan’ AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Pemerintah Provinsi Maluku bersama Pemerintah Kota Ambon meluncurkan program...
PKK Provinsi Maluku Canangkan Gerakan Perempuan Tanam Pohon AMBON, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) provinsi M...
Kanal: Maluku Pilkada