Loading...

Uskup: Umat Kristen Ambon Bisa Belajar dari Muslim Saat Puasa

AMBON, TAJUKTIMUR.COM – Uskup Diosis Amboina Mgr Petrus C. Mandagi mengatakan, umat Kristen seharusnya belajar tentang hal berpuasa dari umat Muslim yang saat ini akan melaksanakannya selama sebulan penuh.

“Saya mewakili umat Khatolik mengucapkan selamat kepada umat Muslim yang akan memasuki bulan puasa, bulan yang suci dan penuh berkah dan kami berusaha untuk menciptakan suasana damai dan tentram agar pelaksanaan ibadah ini dilaksanakan dengan baik,” kata Uskup di Ambon, Rabu.

Penjelasan Uskup disampaikan dalam acara ‘Bakumpol Bacarita Kamtibmas’ yang dipimin Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto dan dihadiri Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Kajati Maluku Triyono Haryanto, dan pejabat militer maupun SKPD lainnya.

Menurut Uskup, umat kristen harusnya belajar tentang hal berpuasa dari umat Muslim karena dia melihat ada tiga hal dalam berpuasa.

“Yang pertama, puasa penting untuk hidup baik dan sehat bagi raga, banyak berdoa saat berpuasa karena Tuhan yang menetukan hidup kita dan bukan kita sendiri, serta berbuat baik khususnya memberikan sedekah kepada orang yang menderita,” tandas Uskup.

Jadi tiga hal ini harus dipelajari juga oleh umat Kristen dan berdoa juga supaya umat Muslim dalam masa puasa ini betul-betul menjadi suci dan dekat dengan Tuhan serta hidup baik, karena 99 persen orang Indonesia adalah Muslim.

Bila hidupnya baik dan benar, pasti ada damai dan persatuan serta persaudaraan, sehingga umat Kristen harus mendukung betul umat Muslim supaya mereka menjadi penegak-penegak perdamaian, persatuan, dan penegakperdaban.

Soal keamanan, kata Uskup, baru saja terjadi bom bunuh diri di Surabaya dan banyak korban meninggal atau terluka, dimana hal ini merupakan perbuatan biadab dan bukanlah perbuatan orang beragama.

“Jangan pernah kita mempersalahkan umat Muslim karena mereka adalah orang baik, hanya yang berbuat seperti ini adalah orang yang tidak beradab dan berlawanan dengan agama Muslim,” katanya tegas.

Berita Lainnya
Ditlantas Polda Maluku: Genangan Air Penyebab Kerusakan Sejumlah Ruas Jalan AMBON, TAJUKTIMUR.COM -- Genangan air dan sistem drainase yang kurang baik masih menjadi penyebab kerusakan sejumlah ruas jalan nasional di Kota Ambon...
Bulog Maluku Siapkan Layanan Mudik Gratis AMBON, TAJUKTIMUR.COM -- Pimpinan Devisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku, Arif Mandu mengatakan siap melayani warga yang datang untuk mendaftarkan...
Ketua vs Wakil Ketua DPRD Maluku, Bagaimana Ujungnya? AMBON, TAJUKTIMUR.COM -- Perseteruan antara ketua DPRD Maluku Edwin Adrian Huwae dengan wakil ketuanya Richard Rahakbauw yang berujung saling melapor ...
Penumpang di Bandara Karel Sadsuitubun Meningkat Signifikan LANGGUR, TAJUKTIMUR.COM — Jumlah pengguna jasa penerbangan di Bandara Karel Sadsuitubun, Maluku Tenggara (Malra) menunjukkan peningkatan signifikan se...
BI Maluku akan Gelar Pekan Ekonomi Syariah AMBON, TAJUKTIMUR.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku menyelenggarakan Pekan Ekonomi Syariah (PES) 2018: Road to Fesyar di Ambon, 25 Me...
Kanal: Maluku