Loading...

Gubernur Sumbar Membuka Pemilihan Media Tradisional Tingkat Provinsi

PADANG (TAJUKTIMUR.COM) – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka secara resmi Pemilihan Media Tradisional Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat  Tahun 2017 di auditorium Gubernuran Jalan Sudirman, Padang.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh kepada Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat tersebut mempertunjukan kesenian tradisional di Indonesia cukup banyak, tidak terkecuali di Sumatera Barat semuanya itu dapat digunakan sebagai alat penyampai pesan.

“Banyak kesenian di Sumbar yang punya gaya tersendiri seperti randai, rabab saluang dan lain-lain yang semuanya ini dapat digunakan sebagai penyampaian pesan atau sebagai sarana mengkomunikasikan informasi kepada masyarakat atau publik”, kata gubernur dari kader PKS, Rabu (6/9).

Lanjutnya, media tradisional atau kesenian tradisional sangat ampuh menyampaikan pesan ini di Sumbar, bahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  dan LKAAM Sumbar memanfaatkan Media tradisional (saluang, randai dan rabab) menyampaikan pesan bencana kepada masyarakat dan ternyata memang ampuh dan mudah diterima masyarakat. Karena masyarakat lebih memahami dan bahkan masuk ke alam bawah sadar audience tersebut, artinya kearifan lokal sangat penting dalam penyampaian pesan kepada masyarakat.

“Disamping itu kesenian tradisional Sumbar juga sangat dikenal dan disenangi di luar negeri, untuk itu sangat perlu dilestarikan”, katanya.

Gubernur yang hobi berpantun ini juga berharap kepada pemerintah pusat (Kemkominfo)  dan pemerintah Kabupaten dan Kota untuk lebih meningkatkan lagi pembinaan kepada Kesenian Tradisional sehingga perannya dalam menyampaikan pesan pembangunan lebih maksimal lagi.

Sebelumnya ketua panitia Yeflin Luandri yang juga kepala Dinas Kominfo Sumbar menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 7 September 2017 yang diikuti 17 Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat. Sedangkan Kabupaten Pasanan Barat dan Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak mengirimkan pesertanya.

Pemenang dari lomba ini akan diikutkan mewakili provinsi untuk tingkat Nasional pada Pekan Informasi Nasional (PIN) di Palembang  pada bulan November 2017.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Papua Barat paling rendah Tingkat Kepatutan Pelaporan Harta Kekayaan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Pemerintah Provinsi Papua Ba...
Pushidrosal TNI-AL Temukan CVR Lion Air JT-610 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) yang diga...
Fahira Idris: Isu Perempuan dan Anak Harus Ada Dalam Debat Pilpres JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Dari lima tema besar Debat Publik Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wak...
Relawan Jokowi – Prabowo gelar Pertandingan Persahabatan KUALA LUMPUR, TAJUKTIMUR.COM - Relawan pendukung pasangan Jokowi - KH Ma`ruf Amin dan Prabowo - Sand...
BMKG: Gempa beruntun tidak memicu tsunami Selat Sunda YOGYAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa b...
Kanal: Nasional