Loading...

177.000 Anggota TNI/Polri Dikerahkan dalam Operasi Ketupat 2018

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Kepolisian Negara Republik Indonesia akan menggelar Operasi Ketupat 2018 selama 17 hari dengan mengerahkan 177.000 anggota gabungan Tentara Nasional Indonesia, Polri, pemerintahan daerah, dan organisasi kemasyarakatan.

Ratusan ribu anggota gabungan itu akan diterjunkan ke seluruh wilayah Indonesia dalam operasi yang akan dilangsungkan mulai dari 7 Juni sampai dengan 24 Juni itu.

“Operasi ini fokus pada empat hal yakni pengamanan arus mudik dan arus balik, stabilitas harga pangan agar tidak inflasi dan memberatkan masyarakat, kejahatan konvensional seperti copet dan jambret, serta kejahatan terorisme,” jelas Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat memimpin apel gabungan Polri dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang, Monumen Nasional, Jakarta, Rabu.

Terkait pengamanan arus mudik dan balik, dia menjelaskan bahwa aparat akan berupaya mengurai macet dan menekan angka kecelakaan.

Khusus untuk menjaga stabilitas harga pangan, Satuan Tugas Pangan Polri sudah melakukan operasi untuk memastikan harga tetap stabil serta sejauh ini sudah menangani 495 kasus dengan lebih dari 395 tersangka berhubungan dengan kejahatan pangan.

Operasi Cipta Kondisi pun sudah dilangsungkan untuk mengatasi penyakit masyarakat termasuk copet dan jambret dengan ratusan tersangka yang sudah diproses secara hukum di seluruh Indonesia.

“Lalu, terkait terorisme, kita terus melakukan operasi untuk mengamankan masyarakat karena pelaku terorisme sering melakukan aksi di bulan suci,” ungkap Tito.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang turut hadir dalam acara mengakui pentingnya apel dan operasi ini untuk menjamin keamanan arus mudik, balik, dan libur Idul Fitri.

“Perayaan Idul Fitri bukan hanya hari raya agama. Teman-teman TNI-Polri mendapat amanat untuk membangun ketenangan dan keamanan agar semuanya berjalan aman dan lancar,” kata Hadi.

Hari raya Idul Fitri jatuh pada 15 dan 16 Juni mendatang.

Berita Lainnya
FKDMI: Jangan ada Politisasi di Tempat Ibadah JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Pengurus Pusat Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia, Moh. Nur Huda mengimbau agar dai muda ikut berperan aktif dalam mengawal Pemilu 2...
LSI: Masyarakat Puas dengan Sistem Demokrasi di Indonesia JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan jajak pendapat terkait keberjalanan sistem demokrasi di Indonesia. Hasil jajak pendapat menyatakan, may...
Capres Prabowo Hadiri Resepsi Ulang Tahun Kerajaan Arab Saudi JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Presiden RI Prabowo Subianto mengaku akan menghadiri perayaan acara ulang tahun kerajaan Arab Saudi. Perayaan tersebut digelar di Hotel Su...
Prabowo Terima Aspirasi Dokter Spesialis dan Perawat, Apa yang Dibahas? JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon presiden Prabowo Subianto menerima aspirasi para dokter untuk membicarakan terkait masalah kesehatan nasional, di kediamannya di Jalan Ker...
Ma’ruf Amin: Masyarakat Indonesia utamakan persatuan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Calon Wakil presiden (cawapres) KH Ma'ruf Amin meminta masyarakat Indonesia mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya selama masa ka...
Kanal: Nasional Ramadhan